Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan bagaimana kamampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyyah Tawangharjo yang dipilih dengan purposive sampling. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu 4 siswa, yang terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif reflektif dan 2 siswa yang bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, tes kemampuan penalaran, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, Data Display,dan Verivication. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa soal, memeriksa kesahihan dari pernyataan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif mampu menguasai empat indikator penalaran sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif hanya mampu menguasai dua indikator penalaran yaitu melakukan manipulasi matematika dan memeriksa keshahihan dari pertanyaan.
                                                                                                                                              Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariawan, R., & Nufus, H. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus I Ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.15
Ariawan, R., & Nufus, H. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus I Ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.15.
Depdiknas. (2006). PERATURANMENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 22 TAHUN 2006 TANGGAL. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.
Depdiknas dalam Sumartini. (2015). Tentorium in Leptocorisa varicornis Fabr. (Heteroptera -- Coreidae). Folia Morphologica, 29(4), 336–338.
Fitri. (2019). Analisis Number Sense Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 131. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i2.7174
Nasriadi, A. (2016). Berpikir Reflektif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, III(1), 15–26.
Putri, dkk. (2014). Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014 Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1119–1130. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76
Setiani. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 89–99. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp89-99
Suciati. (2015). ( Profiles of Students Reasoning Abilities in Solving. 3(1), 45–50.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i2.19610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.









