Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching dengan metode Make A Match di SMP Negeri 4 Salatiga

Rizka Kurnia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching dengan metode Make a Match di kelas VIII H SMP Negeri 4 Salatiga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 dan Dosen Pembimbing Lapangan dari Universitas Kristen Satya Wacana bersama dengan guru matematika SMP Negeri 4 Salatiga. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I adalah 15 atau 50% peserta didik dapat mencapai KKM dengan rata-rata kelas sebesar 60,83, sedangkan 15 atau 50% peserta didik lainnya belum dapat mencapai KKM. Pada siklus 2, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yakni sebanyak 23 peserta didik atau 77% mencapai KKM dengan rata-rata kelas sebesar 77,4 dan hanya terdapat 7 peserta didik atau 23% yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, penerapan model Probslem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching dengan metode Make a Match berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Hasil Belajar; Problem Based Learning; Culturally Responsive Teaching; Make a Match.

Full Text:

PDF

References


Akbar, K. (2018). Penggunaan Kartu Domino Matematika Dalam Framework ELPSA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Media Pendidikan Matematika, 6(1), 39-49.

Afrianti, N., Asdar, A., & Ismail, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Global Journal Education Humanity, 1(2), 172-176.

Anggraeni, I. D., Muryaningsih, S., & Ariyanti, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBl dengan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IIA SDN 1 Karangduren. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(10), 33-40.

Arikunto, Suharsismi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asrori, Asrori & Rusman,. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Banyumas: Pena Persada.

Azhari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-2 Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi Pada SMP Negeri 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Jurnal Serambi Akademica, 9(8), 1528-1537.

Endarwiyani, N. (2017). Penerapan Metode Smart Games dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Berpangkat. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 60-65.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan Model PBL terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan CRT. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(2), 162-169.

Hasanudin, H. (2019). Penggunaan Model Realistik Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Operasi Bilangan Berpangkat Bagi Siswa Kelas IX. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 3(2), 68-75.

Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(5), 94-102.

Hidayatullathifah, H., & Sujadi, A. A. (2017). Peningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas VII F SMP 1 Banguntapan. Union, 5(3), 356784.

Inayah, B. N., & Haryanto, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama melalui Model PBL dengan Terintegrasi CRT SMAN 2 Tegal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) (Vol. 1, pp. 324-335).

Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan pemecahan masalah melalui model flipped classroom pada pembelajaran kimia abad ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143-154.

Malikah, N., & Widhiasti, L. D. (2019). Penerapan Metode Kartu Make and Match terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(2), 183-197.

Nizar, A. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Menggunakan Lks Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Margaasih. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 301-310.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, Y. (2018). Peranan transformative learning dalam pendidikan kimia: Pengembangan karakter, identitas budaya, dan kompetensi abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 1-16..

Ramadhona, R., & Izzati, N. (2018: 21–24). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Mata Kuliah Matematika Umum Untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Kiprah, 6(2), 21–24.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645-656.

Rismiyati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Berpangkat melalui Model Pembelajaran Inquiry. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 52-56.

Rosiyanti, H. & Kamil, G. (2018). Penggunaan lembar kerja siswa dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP dharma karya UT. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2), 155-160.

Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan MOtivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118.

Suryani, D. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino di Kelas III b. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 2499-2507).

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Syaâ, L., & Arini, N. W. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dan Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 8-18.

Zahriani, Z. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95-106.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i6.20041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.