Pengembangan Media Smart Board untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III SD, kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang tepat untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketersediaan media, langkah pengembangan media, dan menguji keampuhan media Smart Board untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III SD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Mojoagung 01 Kabupaten Pati. Subjek penelitian ini siswa kelas III sebanyak 18. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa, serta menggunakan desain pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunaka deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Kurangnya ketersediaan media pembelajaran matematika kelas III yang terbatas pada buku dan poster. 2) Langkah pengembangan media Smart Board yaitu a) penelitian dan pengumpulan data, b) perencanaan, c) pengembangan draf produk, d) uji coba lapangan awal, e) revisi produk awal. 3) Hasil pengembangan media Smart Board mendapatkan persentase kevalidan media 100% dan materi 98%. Hasil uji coba terbatas mendapat persentase respon siswa 92% dan guru 98%. Pada tahap uji keampuhan media menggunakan uji paired sample t-test memperoleh Sig 0.001 dimana 0,001 < 0,05 dengan keputusan H1 diterima (terdapat perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest dengan menggunakan media Smart Board pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media Smart Board sangat layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amreta, M. Y., & Safa'ah, A. (2021). Pengaruh Media Papinka Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28.
Arifa, F. Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Tabel Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III B di Sekolah Dasar Bangunharjo.
Kamelia, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran KOBER Bagi Operasi Perkalian Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kriyan Kalinyamatan Jepara.
Kesumawati. (2008). Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 229-235.
Mulyono, B., & Hapizah. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2, 11.
Paputungan. (2015). Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Team-Dame Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, 4(2), 25-29.
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Mabeta (Magnet Berhitung Matematika) Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 603.
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. JAMBURA: Journal of Mathematics Education, 2(2), 50-58.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i6.20046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.