Peningkatan hasil belajar matematika peserta didik SMP N 3 Salatiga melalui pendekatan TARL pada materi bilangan bulat

Laela Oktaviani, Dinar Kasih Riani, Helti Lygia Mampou

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Salatiga, dengan fokus pada materi bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan tes yang mengukur kemampuan awal dan kemajuan peserta didik selama siklus. Pada siklus pertama, hasil belajar peserta didik meningkat dari rata-rata 50 pada tahap pra-siklus menjadi 80,1, dengan 81% peserta didik mencapai standar kelulusan minimal (KKM ≥ 78). Pada siklus kedua, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 83,3, dengan 84% peserta didik memenuhi KKM. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep bilangan bulat, serta mampu meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi penerapan pendekatan TaRL dalam konteks pendidikan matematika di tingkat SMP khususnya pada materi bilangan bulat, dan dapat menjadi acuan bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.


Keywords


Teaching at the Right Level (TaRL) ; bilangan bulat, hasil belajar ; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ; pendidikan matematika

Full Text:

PDF

References


Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., Shotland, M., & Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of “Teaching at the Right Level” in India. National Bureau of Economic Research.

Banerjee, A. V, Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2007). Remedying education: Evidence from two randomized experiments in India. The Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235–1264.

Carr, W., & Kemmis, S. (2003). Becoming critical: education knowledge and action research. Routledge.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2023). Perdirjen GTK No. 2626/B/HK.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru. https://uploads.belajar.id/document/files/Salinan_Perdirjen_2626_Model_Kompetensi_Guru_01hy1pp9e90k2fqq1vk59nm8jy.pdf

Duflo, E., & Banerjee, A. (2011). Poor economics (Vol. 619). PublicAffairs New York.

Eka Mahendra, I. W. (2016). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).

Rohmawati, R., & Mampouw, H. L. (2022). Inovasi Gulali Matematika Untuk Belajar Konsep Perkalian Pada Bilangan Bulat. Jurnal Media Edukasi Dan Pembelajaran, 1(1), 13–24.

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 295–307.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i6.20065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.