Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
Seorang guru diharapkan mampu menyusun bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematsis siswa, salah satunya melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKPD berbasis etnomatematika dalam pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitin ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian Plomp. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara. Dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh dua kelas secara acak yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji perbedaan rata – rata kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas LKPD berbasis etnomatematika dalam pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3877.1-15
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 2(May), 0–7.
Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940
Budiono, I., & Suhendar, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan RME. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019 “Reorientasi Profesionalisme Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0,†1, 488–495. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/350
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Fadhilah, M., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Video Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 76–86.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221–226. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.112
Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 21. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609
Manapa, I. Y. H. (2021). Etnomatematika : Kekayaan Budaya Kabupaten Alor Sebagai Sumber Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 8(1), 1–24.
Maryani, L., Sunyono, & Abdurrahman. (2017). efektivitas LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 1–12.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Nugraha Galih Abdi, Baidi, S. B. (2021). Transformasi Manajemen Fasilitas Pendidikan Pada Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 860–868. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2621
Rudyanto, H. E., HS, A. K., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
SaputraNoka, A. N., Said, H. B., & Defitriani, E. (2019). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conecting Organizing Reflecting Extending (Core) Dengan Model Pembelajaran Konvensional Di Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.57
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan PendidikanMatematika Sesiomadika 2019, 06(02), 575–581.
Sumarsono, L. S. P., Shalihah, A., Ummah, S. R., & Hamidah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Jajanan Tradisional. 3(1), 65–70.
Suriani & Devita. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal JIPS, 1(1), 28–34.
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. Z. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6537
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i3.21162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.









