Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas XI SMA N 01 Nguter
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan – kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang ditinjau dari gaya belajar serta memberikan solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang ditinjau dari gaya belajar kelas XI SMA N 01 Nguter. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI E2 yang berjumlah 29 siswa. Objek dalam penelitian ini ialah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dari ke 3 gaya belajar diatas diperoleh bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan pada langkah comprehension error, weakness in process skill dan encoding error. Siswa dengan gaya belajar auditorial juga lebih banyak melakukan kesalahan comprehension error , transform error, weakness in process skill error, dan encoding error. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya melakukan kesalahan langkah pada weakness in process skill.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elyana, D., Astutiningtyas, E. L., & Susanto, H. A. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–106. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1226
Indrastuti, D., Hidajat, D., & Wulandari, A. A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 31. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10148
Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Prisma Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII C SMPN 1 Mojogedang. 2(2), 169–181.
Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713
Annisa;Refli;Kartini. (2021). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal deret dan barisan menggunakan tahapan kesalahan Newman’s. Pendidikan Matematika 5, No 1, 522–532.
Annizar, A. M., Lestari, A. C., Sofiah, S., Khairunnisa, G. F., & Maulyda, M. A. (2020). Proses Berpikir Inkuiri Dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Dari Tingkat Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3113
Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424
Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa’, I. K. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Analysis Error (NEA) Ditinjau Dari Gaya Belajar. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 25. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1683
Rachman, Arif Yochanan, A. I. S. (2024). Dan R & D. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54–61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1876
Rosanggreni, B. Y. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan spldv berdasarkan newman’s error analysis (Nea) ditinjau dari gaya belajar. Repository.Unej.Ac.Id, 30–167. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86279
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348–358.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Singh, P., Abdul, A., & Sian, T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks : A Malaysian Perspective. 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i2.21521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.









