Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert

Muhammad Fahmi Juliansa, Kartinah Kartinah, FX. Didik Purwosetiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam mengerjakan soal cerita pada siswa tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Jepara . Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1. Guna mengetahui tingkat pemecahan masalah matematika siswa , maka dilakukan dengan memberi tes pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal cerita dan wawancara. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian introvert cenderung dapat memecahkan masalah dengan empat tahapan secara urut, yaitu: (1) Memahami masalah; (2) Merencanakan penyelesaian; (3) Melaksanakan rencana; (4) Memeriksa kembali. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert cenderung kurang mampu memecahkan masalah dengan hanya dua tahapan yang tercapai, yaitu : (2) Merencanakan penyelesaian; dan (3) Melaksanakan rencana.

Keywords


pemecahan masalah matematika; langkah-langkah Polya; soal cerita; tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Alfian Saat; Budiarto, Mega Teguh. (2017). Profil Kemampuan Siswa Dalam Mengajukan Masalah Matematika Kontekstual ditinjau dari Gaya Belajar Vark. Jurnal Riset dan Aplikasi Matematika Volume 2, 16-25.

Herawati, & Putra, O. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No. 1, 71.

Hidayati, A. (2010). Pengaruh Positive Thinking Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah (Problem Solving) pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma'arif Cepogo, Boyolali, Tahun 2010. Jurnal Matematika Volume 1, 50.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Polya, G. (1957). How To Solve It. New York: Princeton University Press.

Semiun, Y. (2013). Teori-teori Kepribadian. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wahyudin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Jurnal tadris matematika Volume 2 No. 2, 151.

Yusuf, S. (2013). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

       

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.