Bola Bergantung Sebagai Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok

Lindah Lindah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media bola bergantung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan teknik pengumpulan data pre-test (sebelum tindakan dilakukan) dan post-test (setelah tindakan dilakukan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media bola bergantung terbukti dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Hasil pada pra siklus dapat dilihat terdapat 13 siswa tuntas dan 20 siswa tidak tuntas, pada siklus I terdapat 24 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas, kemudian pada siklus II terdapat 30 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat pada pra siklus terdapat 40% siswa tuntas dan 60% siswa tidak tuntas, pada siklus I 72.2% siswa tuntas dan 27.2% tidak tuntas, kemudian pada siklus II 91% siswa tuntas dan 9.0% siswa tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan bola bergantung sebagai media praktek lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di SMA Negeri 1 Mijen, Demak.

Keywords


Peningkatan; Hasil Belajar; Bola Bergantung; Lompat Jauh Gaya Jongkok

Full Text:

PDF

References


Alam, Syamsu. 2021. “Interest and Learning Outcome of Learning Material Long Jump Squat Style (Tuck) Through Rubber Rope Assistance.” International Journal of Management and Education in Human Development 1(03):178–94.

Aliansyah, Anang, and Athar Athar. 2013. “PENERAPAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK.” Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 12(2). doi: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v12i2.2434.

Annas, Azwar, Amir Supriadi, and Imran Ahmad. 2019. “The Differences of The Influence of Teaching Method and Self-Reliance on The Students’ Learning Outcomes of Long Jump Ortodock Style at SMA Negeri 1 Stabat in the Academic Year2018/2019.” Pp. 634–36 in Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Paris, France: Atlantis Press.

Armanda, Yuda, Widati Amalin Ulfah, and Erick Prayogo Walton. 2020. “Pengaruh Latihan Lompat Paralon Karet Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Ekstrakurikuler SD Negeri 8 Mendobarat.” SPARTA 1(2):77–81. doi: 10.35438/sparta.v1i2.161.

Aziz, Malik Abdul, and Alex Aldha Yudi. 2019. “Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok.” Jurnal Patriot 1(3):1239–46.

Bobic, Freedi, Wawan Syafutra, and Rais Firlando. 2021. “PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKAMANA KABUPATEN MUSI RAWAS.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2):16–22.

Defliyanto, Defliyanto, Moch Asmawi, Ramdan Pelana, and Yarmani Yarmani. 2020. “Development of Learning Model for Squat-Style Long-Jump Basic Technique Based on Biomechanics with a Game.” PENDIPA Journal of Science Education 4(1):31–39. doi: 10.33369/pendipa.4.1.31-39.

Ibrab, Joni, Edi Purnomo, and Eka Supriatna. 2015. “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN STRATEGI PEBELAJARAN LOMPAT TALI DI SD.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 4(4).

Kisyanto, Dedi. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Permainan Lompat.” ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 4(10).

Kurniawan, Destu, Dwi Yulianti, and RIswandi Riswandi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Prestasi Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Ortodok) Siswa Sekolah Menengah Pertama.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(4):2372–82. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.1119.

Paturohman, Asep Dedi, Deni Mudian, and Iyan Nurdiyan Haris. 2018. “Hubungan Antara Kecepatan Lari Dan Power Otot Tungkai Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ciwiru Kecamatan Dawuan.” Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 4(01).

Putra, Yustiar Rasyid Maulana, Eka Supriatna, and Uray Gustian. n.d. “PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(10).

Saputra, Efran, and Hartati Syafruddin. n.d. THE DEVELOPMENT OF LONG JUMP STYLE SQUAT LEARNING MODEL BASED ON SAINTIFIC APPROACH.

Saputra, Niku, Hartati, and Meirizal Usra. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Alat Bantu Bola Gantung Dan Lompat Kotak:(Students’ Improvement Of Long Jump Learning Outcomes Through Hanging Ball And Box Jump Media Tools In The Seventh).” Indonesian Journal of Sport Science and Coaching 2(2):64–72.

Saputra, Yudi, and Ahmad Alib Pardianto. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Media Kardus Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017.” SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga 1(01):10–21. doi: 10.32528/sport-mu.v1i01.3035.

Sunara, I. Nyoman Bawa. 2021. “Penerapan Metode Latihan Awalan Sembilan Langkah Untuk Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Atletik.” Indonesian Journal of Educational Development 2(2):333–44.

Wagiyem, Wiwik Yunitaningrum, and Andika Triansyah. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Bola Yang Di Gantung.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 5(5):1–10.

Widiastuti, Widiastuti, and Pramudito Hutumo. 2018. “MENINGKATAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU.” Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan 9(1):56–67.

Winarni, Winarni. 2021. “Penerapan Media Alat Bantu Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa SD Negeri 30 Mataram.” Jurnal Paedagogy 8(4):586. doi: 10.33394/jp.v8i4.3986.

Yuliawan, Ely. 2015. “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Cerdas Sifa Pendidikan 4(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11868

Refbacks