Survei Kemampuan Kondisi Fisik Dan Keterampilan Bermain Sepakbola

Teguh Santoso, Teguh Andibowo, Joko Sulistyono, Aan Budi Santoso, Kodrad Budiyono

Abstract


Pencapaian derajat kebugaran jasmani yang memadahi di masa anak sekolah akan mempengaruhi fungsi organ tubuh pada peningkatan kualitas perkembangannya, di antaranya: paru-paru, jantung, metabolisme darah, metabolisme energi, hormon pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh, dan sistem pembuangan, sehingga pertumbuhan jasmani dan rohani anak semakin baik. Dalam latihan sepakbola, kita mengenal aspek- aspek yang perlu dipelajari dan dilaksanakan yaitu: 1) Pembinaan teknik  (keterampilan), 2) Pembinaan fisik (kebugaran jasmani), 3) Pembinaan taktik (mental, memori dan kecerdasan), 4) Kematangan juara. Kondisi fisik adalah suatu persyaratan yang sangat dibutuhkan dalam setiap usaha peningkatan seorang atlet, bahkan dapat dikatakan dasar landasan titik tolak suatu awalan olahraga prestasi. Teknik dasar sepakbola merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan- gerakan atau mengerjakan sesuatu dari permainan sepakbola. Maka dari itu pengusul mempunyai tujuan agar bisa mengetahui tingkat kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar bermain sepakbola, sehingga untuk latihan selanjutnya akan terlihat progres peningkatan fisik dan teknik dasar guna mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan SSB AT Farmaasi Karanganyar, pengusul penelitian ini menggunakan metode survei tes dan pengukuran. Metode yang dipakai peneliti adalah: metode survei teknik tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang (semua populasi digunakan sebagai sampel). Setelah dilakukan analisis data penelitian mengenai kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar sepak bola pada SSB AT Farmasi Karanganyar maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa kondisi fisik peserta secara keseluruhan 1,3% termasuk dalam kategori kurang, 70,5% termasuk dalam kategori sedang dan sisanya 29,2% termasuk dalam kategori baik. Untuk tes keterampilan teknik dasar sepak bola diketahui bahwa 100,0% termasuk dalam kategori sedang.


Keywords


Kondisi Fisik; Keterampilan Bermain; Sepakbola

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohim. 2008. Bermain Sepak Bola. Demak : Aneka Ilmu.

Ahmadi, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Andibowo, T., & Supriyoko, A. (2021). Tingkat Peningkatan Keberhasilan Sport Massage Terhadap Motivasi Latihan dan Ergonomi Tubuh Atlet Sepakbola. Jendela Olahraga, 6(2), 99-107.

Apta dan Febi. (2019). Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta.

Dahlan, F., Hidayat, R., & Syahruddin, S. (2020). Pengaruh komponen fisik dan motivasi latihan terhadap keterampilan bermain sepakbola. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 126-139.

Hadi, Sutrisno. 2004. Penelitian Research. Yogyakarta. BPFE.

Harsono. (2018). Latihan Kondisi Fisik Untuk Atlet Sehat Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Mielke, Danny. 2003. Dasar-dasar Sepakbola. Jakarta: Human Kinetics

Royana, I. F. (2017). ANALISIS KONDISI FISIK PEMAIN TIM FUTSAL UPGRIS. Jendela Olahraga, 2(2).

Rubianto Hadi, 2007. Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Scheunemann, Timo. 2008. Dasar-dasar Sepakbola Modern untuk Pemain dan Pelatih. Penerbit DIOMA. Malang.

Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Rajawali Press.

Zhannisa¹, U. H., Royana, I. F., Prastiwi, B. K., & Pratama, D. S. (2018). Analisis kondisi fisik tim bulutangkis Universitas PGRI Semarang.

Zidane Mukdhor Al – Hadiqie. 2013. Menjadi Pemain Sepakbola Profesional, Teknik, Strategi,Taktik Menyerang, Bertahan. Jakarta: Kata Pena




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jendela Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.