Status Gizi & Keterampilan Motorik Kasar: Studi Pada Suku Anak Dalam Provinsi Jambi

Septian Raibowo, Andes Permadi, Andika Prabowo, Oddie Barnanda Rizky, Yahya Eko Nopiyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana status gizi dan keterampilan motorik kasar anak-anak Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi berhubungan satu sama lain. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Suku Anak Dalam di Provinsi Bengkulu. Kemudian teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang ada di Kabupaten Sarolangun berjumlah 30 anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pengukuran Antropometri untuk melihat status gizi dan tes keterampilan Motorik Kasar Anak menggunakan Instrumen Kuisioner Pra Skrining (KPSP). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil keterampilan motorik kasar anak-anak Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi terkait dengan status gizi mereka. Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan antara status gizi dan perkembangan motorik kasar anak-anak Suku Anak Dalam. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan gizi anak mereka agar merek dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


Keywords


Jambi; Motorik Kasar; Suku Anak Dalam; Status Gizi

Full Text:

PDF similarity check

References


Alwaely, S. A., Yousif, N. B. A., & Mikhaylov, A. (2021). Emotional development in preschoolers and socialization. Early Child Development and Care, 191(16), 2484–2493. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1717480

Asriansyah, A., & Mahendra, A. (2020). Model Permainan Perseptual Motorik Melalui Ban Motor Bekas Dalam Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 5(2), 122–130. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6208

Atmanegara, A. Y., Zaeni, I. A. E., Lestari, D., & Gumilang, Y. S. A. (2022). Alat Pengukur Status Gizi Balita Berdasarkan Berat dan Panjang Badan Menggunakan Indeks Antropometri Dengan Metode Logika Fuzzy. JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer), 4(1), 9–22. https://doi.org/10.26905/jasiek.v4i1.8352

Batljery, J., Masitoh, S., Raidanti, D., & Maryana. (2021). Kuisioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP): Pengetahuan dan Dukungan Orangtua (1st ed.). Yayasan Barcode.

Dinkes. (2022). Rencana Strategis (Dinas Kesehatan Provinsi Jambi 2021-2026 (3rd ed.). Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Encalada-Torres, J., Abril-Ulloa, V., Wong, S., Alvarado-Romero, S., Bedoya-Ortega, M., & Encalada-Torres, L. (2022). Socioeconomic Status and Nutritional Status as Predictors of Food Insecurity in Older Adults: A Case Study from Southern Ecuador. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(9), 5469. https://doi.org/10.3390/ijerph19095469

Fazrin, I., Daha, K. K., & Musa, K. I. (2022). The Role of Parents in Preparing Balanced Menu with Children’s Nutritional Status. Journal Of Nursing Practice, 5(2), 229–238. https://doi.org/10.30994/jnp.v5i2.149

Fitri, R. K., Fatimah, S., & Rahfiludin, Z. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Balita Suku Anak Dalam (SAD). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 752–758.

Galgamuwa, L. S., Iddawela, D., Dharmaratne, S. D., & Galgamuwa, G. L. S. (2017). Nutritional status and correlated socio-economic factors among preschool and school children in plantation communities, Sri Lanka. BMC Public Health, 17(1), 377. https://doi.org/10.1186/s12889-017-4311-y

Hadriyati, A., Andriani, M., & Pratiwi, A. (2020). Ethnobotany Study in Hope Forest for Children in Nine in Nine Village Bungku Village Bajubang Batanghari District Jambi Province. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 861. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1041

Hajri, P., & Indrawadi, J. (2021). Pewarisan Nilai-Nilai Tradisi Budaya Suku Anak Dalam Air Hitam, Sarolangun, Provinsi Jambi. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 7(1), 88. https://doi.org/10.24114/antro.v7i1.24643

Hasdianah. (2014). Gizi, Pemanfaatan Gizi, Diet, dan Obesitas. Nuha medika.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.

Herliani, D. (2022). Hubungan Kebiasaan Jajan Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Anak Di Tk Asri Palembang Tahun 2022. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(6).

Ismaniar, I., Hazizah, N., & Syuraini, S. (2019). Increasing Parental Knowledge of Children’s Nutrition Needs. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 139–146. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.353

Kato, K., Vogt, T., & Kanosue, K. (2019). Brain Activity Underlying Muscle Relaxation. Frontiers in Physiology, 10, 1457. https://doi.org/10.3389/fphys.2019.01457

Kemenkes. (2021). Buku Saku Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 (p. 168) [Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/buku-saku-hasil-studi-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2021/

Kemenkes. (2022). Buku Saku Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 (p. 154) [Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/attachments/09fb5b8ccfdf088080f2521ff0b4374f.pdf

Kholifah, Fadillah, As’ari, H. (2014). Perkembangan Motorik Kasar Bayi Melalui Stimulasi Ibu di Kelurahan Kemayoran Surabaya. Jurnal Sumber Daya Manusia Kesehatan, 1 (1), 120–121.

Kocsis, T., Kovács-Székely, I., & Anda, A. (2020). Homogeneity tests and non-parametric analyses of tendencies in precipitation time series in Keszthely, Western Hungary. Theoretical and Applied Climatology, 139(3–4), 849–859. https://doi.org/10.1007/s00704-019-03014-4

Kumar, S., & Chong, I. (2018). Correlation Analysis to Identify the Effective Data in Machine Learning: Prediction of Depressive Disorder and Emotion States. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(12), 1–24. https://doi.org/10.3390/ijerph15122907

Monterrosa, E. C., Frongillo, E. A., Drewnowski, A., De Pee, S., & Vandevijvere, S. (2020). Sociocultural Influences on Food Choices and Implications for Sustainable Healthy Diets. Food and Nutrition Bulletin, 41(2_suppl), 59S-73S. https://doi.org/10.1177/0379572120975874

Pang, G., Xie, J., Chen, Q., & Hu, Z. (2014). Energy intake, metabolic homeostasis, and human health. Food Science and Human Wellness, 3(3–4), 89–103. https://doi.org/10.1016/j.fshw.2015.01.001

Rubiyatno, Arifin, Z., & Rajidin, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kinestetis Bagi Anak SD SLB Tunagrahita di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jendela Olahraga, 6(2), 19–28. https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.7086

Saavedra, J. M., & Prentice, A. M. (2023). Nutrition in school-age children: A rationale for revisiting priorities. Nutrition Reviews, 81(7), 823–843. https://doi.org/10.1093/nutrit/nuac089

Sakyi, K. A., Musona, D., & Mweshi, G. (2020). Research Methods and Methodology. Advances in Social Sciences Research Journal, 7(3), 296–302. https://doi.org/10.14738/assrj.73.7993

Sangadah, K. (2022). Relationship between Micronutrient Intake (Sodium, Potassium, Calcium, Magnesium) and Physical Activity with Hypertension. NUTRIZIONE (Nutrition Research and Development Journal), 2(3), 12–20.

Sebataraja, L. R., Oenzil, F., & Asterina. (2014). Hubungan Status Gizi dengan Status Sosial Ekonomi Keluarga Murid Sekolah Dasar di Daerah Pusat dan Pinggiran Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2). https://doi.org/10.25077/jka.v3i2.81

Sorgente, V., Cohen, E. J., Bravi, R., & Minciacchi, D. (2021). Crosstalk between Gross and Fine Motor Domains during Late Childhood: The Influence of Gross Motor Training on Fine Motor Performances in Primary School Children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21), 11387. https://doi.org/10.3390/ijerph182111387

Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., & Karakauki, M. (2021). Improving Motor Skills in Early Childhood through Goal-Oriented Play Activity. Children, 8(11), 994. https://doi.org/10.3390/children8110994

Takiddin. (2014). Nilai-nilai Kearifan Budaya Lokal Orang Rimba (Studi pada Suku Minoritas Rimba di Kecamatan Air Hitam Provinsi Jambi). Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1258

Tantowi, I., Maliki, O., & Widiyatmoko, F. A. (2021). Hubungan Status Gizi Anak, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perkembangan Motorik Siswa SD Malahayu 03 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(1), 41–45. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i1.40174

Triana, D., & Eka Putri, Y. (2022). Identitas Kultural Masyarakat Suku Anak Dalam (ORANG RIMBA) (Studi Analisis Film Dokumenter Orang Rimba ‘The Life of Suku Anak Dalam’). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(2), 108–115. https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.12374

Tristo, R. (2018). Peningkatan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Bagi Suku Anak Dalam Provinsi Sumatera Selatan Melalui Penyuluhan Sosial. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV(25).

Yunita, L., & Utama, L. J. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Posyandu Bunga Maja Kecamatan Gunung Sari. Nutriology : Jurnal Pangan,Gizi,Kesehatan, 2(2), 9–14. https://doi.org/10.30812/nutriology.v2i2.1581

Zulkarnaen. (2019). The Influence of Nutritional Status on Gross and Fine Motor Skills Development in Early Childhood. Asian Social Science, 15(5), 75–82. https://doi.org/10.5539/ass.v15n5p75




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i2.15218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.