PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA MAHASISWA STKIP KUSUMANEGARA

Alfikri Sastra Wiguna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris apakah penggunaan media audio
visual dapat meningkatkan dan memperbaiki keterampilan mahamahasiswa dalam praktek pembelajaran
guling belakang. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP Kusumanegara Kota Jakarta Timur. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan instrumen pedoman
observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana
siklus pertama terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus kedua 4 kali pertemuan. Jumlah keseluruhan siklus
8 kali pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk memberikan materi kepada mahasiswa dimana
dalam hal ini peneliti dibantu oleh kolaborator menggunakan media audio visual sebagai contoh dalam
proses pembelajaran. Pada siklus pertama, mahasiswa terlihat ada perbaikan didalam fase sikap awal,
saat mulai menjatuhkan badan ke belakang, dan saat duduk kaki diluruskan pada tahapan guling
belakang. Namun mahasiswa masih belum begitu paham akan saat berguling, saat berdiri disangga
dengan tangan, sikap akhir. Mahasiswa masih tampak ragu dalam melakukan gerakan berguling ke
belakang, saat berdiri disangga dengan tangan, dan sikap akhir sehingga gerakan yang dihasilkan tidak
sesuai dengan teori yang ada. Sedangkan pada siklus kedua, lebih ditajamkan kepada gerakan saat
berguling, saat berdiri disangga dengan tangan, dan sikap akhir. Mahasiswa mulai menyadari makna dari
gerakan yang mereka lakukan tersebut sehingga mulai berani dan percaya diri terhadap kemampuan
masing-masing. Hasil penelitian ini adalah bahwa adanya perubahan atau peningkatan hasil belajar
guling belakang dengan menggunakan media audio visual pada mahasiswa STKIP Kusumanegara Kota
Jakarta Timur.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.