KONTRIBUSI DISIPLIN KERJA, SUPERVISI AKADEMIK DAN PARTISIPASI GURU (MGMP) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENJASORKES SMKDI KABUPATEN PEKALONGAN

Pandu Kresnapati

Abstract


Penelitiaan ini dilakukan berdasarkan permasalahan kompetensi pedagogik guru penjasorkes
SMK terhadap kualitas proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
kontribusi disiplin kerja, supervisi akademik dan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kompetensi
pedagogik guru penjasorkes SMK di Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif non eksperimental, dimana peneliti mengkaji fakta-fakta yang telah terjadi (ex post
facto). Metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK
yang ada di Kabupaten Pekalongan. Sampel penelitian didasarkan pada teknik pengambilan sampel
purposive pada pertimbangan Guru Penjasorkes SMK di Kabupaten Pekalongan yang berpartisipasi
dalam MGMP digunakan sebagai sampel yaitu 28 orang guru penjasorkes dan 11 kepala sekolah. Hasil
analisis regresi menunjukkan bahwa besarnya kompetensi pedagogik yang dipengaruhi oleh disiplin
kerja, supervisi akademik dan partisipasi dalam MGMP sebesar 89,7%. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, dapat ditarik kesimpulan yaitu Terdapat kontribusi positif antara disiplin kerja, supervisi
akademik dan partisipasi musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kompetensi pedagogik
guru Penjasorkes SMK di Kabupaten Pekalongan yaitu sebesar 89,7%. Saran (1) Kepala sekolah harus
melaksanakan supervisi akademik secara kontinyu dengan penuh komitmen dan tanggungjawab. (2)
Kepada guru, hendaknya dapat mengembangkan dan meningkatkan motivasi kerja dalam kegiatan
pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.