Pengaruh Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Passing Atas BolaVoli Pada Siswa SMP

Ari Ramadhani, Muhammad Nidomuddin, Hari Pamungkas, Ahmad Ilham Habibi, Sudari -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditory, visual dan kinestetik (VAK) dalam meningkatkan keterampilan passing atas bola voli. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan maksud menggunakan ini untuk mengetahui efek dari sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) perlakuan. penelitian ini menggunakan Systematic Proportional Random Sampling dengan presentase 90% dan sampel yang digunakan berjumlah 36 siswa, dengan pembagian kelompok dengan teknik teknik Ordinal Pairing Matching, dan dibagi menjadi kelompok auditory, visual dan kinestetik dengan jumlah masing masing kelompok 12 siswa.penelitian ini dilakukan sebanyak 8x pertemuan pada saat pembelajaran sekolah. Analisis data dengan SPSS 25 mulai dari statistic deskriptif, uji normalitas, uji paired sampel t-test dan uji beda ANOVA dengan taraf signfikansi 0,05. Hasil uji paired sample t-test terdapat perbedaan pretest dan posttest pada semua kelompok (auditory 0,000, kelompok Visual 0,000 dan kelompok kinestetik 0,000) dan hasil uji beda ANOVA nilai signifikansi antar kelompok adalah 0,04 (P<0,05). Kesimpulan pada penelitian ada pengaruh gaya belajar gaya belajar auditory, visual dan kinestetik dalam meningkatkan keterampilan passing atas bola voli sebesar 17,7% dan ada perbedaan pretest dan posttest intervensi gaya belajar dalam meningkatkan passing atas bola voli


Keywords


Bola Voli; Gaya Belajar; Visual; Auditori; Kinestetik

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Achilleopoulos, I., Sotiropoulos, K., Tsakiri, M., Drikos, S., Zacharakis, E., & Barzouka, K. (2022). The effect of a proprioception and balance training program on balance and technical skills in youth female volleyball players. Journal of Physical Education and Sport, 22(4), 840–847. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.04106

Agung Wibowo, Aulia Rahman, Muh. Ishaq, Anita Yus, & Aman Simaremare. (2022). Analisis Efektifitas Media Pembelajaran Pkn Terhadap Gaya Belajar Kelas III SD. Journal of Educational Analytics, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.417

Aini, K. (2021). Improving Passing Skills on Volleyball Using Target Games Approach. Journal Sport Area, 6(1), 28–36. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5288

Chatoupis, C., & Vagenas, G. (2018). Effectiveness of the Practice Style and Reciprocal Style of Teaching: A Meta-Analysis. The Physical Educator, 75(2), 175–194. https://doi.org/10.18666/tpe-2018-v75-i2-7920

Cuevas, J. (2015). Is learning styles-based instruction effective? A comprehensive analysis of recent research on learning styles. Theory and Research in Education, 13(3), 308–333. https://doi.org/10.1177/1477878515606621

Delni Susmita, Jufrianis, & Vigi Indah Permatha Sari. (2024). Kontribusi Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 357–365. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.414

Diarto, A., & Diarto, A. (2018). Differences in the Influence of Oriented Learning To Play With Exercise on the Results of Learning. 3(3), 311–318.

Dwi Saputra, A., Kurniawan, F., & Mury Syafei, M. (2022). Implementasi Video Animasi Terhadap Kemampuan Passing Permainan Futsal Peserta Ekstrakulikuler Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 225–236. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3236

Fadhoil, M. H., Hidayat, A. S., & Purbangkara, T. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Teknik Passing Dalam Permainan Futsal Pada Siswa Kelas VIII di SMP IT Bina Insani. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 65–72.

Fortes, L. S., Freitas-Júnior, C. G., Paes, P. P., Vieira, L. F., Nascimento-Júnior, J. R. A., Lima-Júnior, D. R. A. A., & Ferreira, M. E. C. (2020). Effect of an eight-week imagery training programme on passing decision-making of young volleyball players. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 18(1), 120–128. https://doi.org/10.1080/1612197X.2018.1462229

Freitas da Silva, B. V., Dos Santos, R. H., Savarezzi, G. R., De Souza, M. T., & Gimenez, R. (2020). Teaching strategies in physical education: A confrontation between directive and indirective styles in volleyball learning. Journal of Physical Education (Maringa), 31(1), 1–11. https://doi.org/10.4025/JPHYSEDUC.V31I1.3168

Habibi Ar, M. W., Muhammad, H. N., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Melalui Permainan Sirkuit “Rilo Ngale" pada Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 149–161. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14109

Hambali, S. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain Pada Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 58–70.

Hein, V., Ries, F., Pires, F., Caune, A., Emeljanovas, A., Ekler, J. H., & Valantiniene, I. (2012). The relationship between teaching styles and motivation to teach among physical education teachers. Journal of Sports Science and Medicine, 11(1), 123–130.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Jean Imaniar Djara, Mahrati Imaniar, Ester Sae, & Sentike Anin. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 226–233. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1907

Krisnawati, E., & Agyanur, S. (2023). Pengaruh modifikasi bola voli terhadap insuline-like growth factore 1 pada anak prapubertas. Sriwijaya Journal of Sport, 2(2), 60–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v2i2.667

Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(01), 69–78. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251

Nurjanah, N., Sari, F. F., & Supriyaddin, S. (2022). Pengaruh Model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Manggelewa Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 81–89. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.154

Padillah, A., Yudiana, Y., & Juliantine, T. (2020). The Effect of Cooperative Learning Model and Peer Teaching Model on Social Skills and Volleyball Games Performance. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 35–39. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.22093

Perla, M., Moreno, A., García-González, L., Ureã, A., Hernández, C., & del Villar, F. (2016). An intervention based on video feedback and questioning to improve tactical knowledge in expert female volleyball players. Perceptual and Motor Skills, 122(3), 911–932. https://doi.org/10.1177/0031512516650628

Priya, D. D., Chavan, G., Thopte, K., Pawar, N., Raut, S., Waghmare, S., & Suji, M. (2020). Learning styles through visual, auditory and kinesthetic (Vak) scale. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology, 14(4), 3777–3782. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.12218

Purwantoro, A., Tuasikal, A. R. S., Siantoro, G., & Ridwan, M. (2023). Penerapan Modifikasi Bola Terhadap Hasil Passing Bawah Bola Voli. Jendela Olahraga, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14128

Riyadi, S., Susilawati, D., Saputra, Y. M., & Herdiansyah, H. (2023). The Effect of Reciprocal and Inclusion Teaching Styles on Volleyball Underhand Pass Learning Outcomes. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(4), 1129–1138. https://doi.org/10.33369/jk.v7i4.31354

Septiadi, W., Guntur GS, M., & Syamsul Taufik, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian dalam Melalui Audio-Visual kepada Siswa Kelas X Smk Pgri 3 Otomotif Cianjur. Maenpo, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.900

Sumedi, B., Rufi’i, M., & Wiyarno, Y. (2020). Effect of using wall media and students’ learning styles on volleyball lower passing abilities of tenth-grade students. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 23–27. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.27

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Tatang, S., & Hidayat, T. (2022). Journal Respecs Research Physical Education and Sports. 4(1), 33–39.

Thomson, K., Watt, A., & Liukkonen, J. (2015). Cognitive style and teaching style influences on the motor skill performance of 11 and 12 year old physical education students. Journal of Physical Education and Sport, 15(3), 509–517. https://doi.org/10.7752/jpes.2015.03077




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v10i1.19871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.