Buku Saku Olahraga Pada Masa Pandemik Covid 19
Abstract
Olahraga dapat meningkatkan imun tubuh dan mengurangi resiko infeksi terhadap penyakit. Dengan meningkatnya imun tubuh, maka efek kesehatan akibat penyakit yang menyerang dapat dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku pencegahan infeksi Covid-19 melalui olahraga. Model penelitian pengembangan ini menggunakan (Research and Development) Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation (ADDIE). Instrument penelitian menggunakan angket dan wawancara ahli materi (olahraga dan kesehatan) dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian 6 orang ahli terhadap komponen materi, bahasa dan tampilan. Rata-rata ahli memberikan nilai sangat baik pada komponen isi (3,60) dan Bahasa (3,75), sedangkan pada komponen tampilan rata-rata nilainya baik (3,52). Pada respon mahasiswa didapatkan nilai persentase jawaban “Ya†sebesar 91,72% dengan kategori baik sehingga buku saku layak untuk digunakan.
Full Text:
PDF (bahasa)References
Ami, M. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. BioEdu, 1(2), 10–13.
Anjelita, R., & Ariyati, E. (2008). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.
Astriani, E. (2018). Kompetensi Komunikatif. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–7.
Awas! WHO Akhirnya Tetapkan Corona Darurat Global. (n.d.). Retrieved May 27, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200131060856-4-134146/awas-who-akhirnya-tetapkan-corona-darurat-global
COVID-19 situation reports. (n.d.). Retrieved May 27, 2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/situation-reports
Gleeson, M., & Williams, C. (2013). Intense exercise training and immune function. Nestle Nutrition Institute Workshop Series, 76, 39–50. https://doi.org/10.1159/000350254
Gustian, U. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Strategi Pembelajaran Kontekstual Mata Kuliah Psikologi Olahraga. Jendela Olahraga, 4(2), 1. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3062
Kemenkes. (2020). Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19. In Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19 (pp. 0–115).
Lathifah, A., & Kistanto, N. H. (2020). Penyusunan Dan Sosialisasi Buku Saku RW Tangguh Bencana Wabah Covid-19 Di RW 04 Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 7–10. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/30735
Mawardi, D. (2009). Cara Mudah Menulis Buku Metode 12 PAS. Raih Asa Sukses.
Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 42(5), 34–36. https://doi.org/10.1002/pfi
Murtiyono, A. T. (2016). Pengembangan Buku Saku Permainan Sepakbola Pada Siswa Di Sd Negeri Ii Temanggung I Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. In Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurbaeti, A. M. R. U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123–132.
Nurdini, N., Wardani, W. G. widya, & Saptodewo, F. (2018). Implementasi Warna pada Sampul Buku Cerita Bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01), 69–77. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.17
Rusdiawan, A., Mar, A., & Prihatiningsih, S. (2020). The Changes in pH Levels , Blood Lactic Acid and Fatigue Index to Anaerobic Exercise on Athlete After. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 16(10), 50–56.
Sidhartani, S. (2010). Elemen Visual dan Prinsip Desain Sebagai Bahasa Visual untuk Menyampaikan Rasa Studi Kasus : Aplikasi Elemen Visual dan Prinsip Desain pada Karya Nirmana Dwimatra. Deiksis, Vol. 2(02), 82–95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/396/699
Solonchak, T., & Pesina, S. (2015). Concept and its Structure. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 192(3519), 352–358. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.050
Vik, V., Syamswisna, & Titin. (2016). Kelayakan Media Buku Saku Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Di Kelas X SMA Mandor. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN, 53(9), 1689–1699.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.7956
Refbacks
- There are currently no refbacks.