PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK VIDEOGRAFI BERBASIS ANDROID PADA SISWA SMK
Abstract
Media pembelajaran teknik videografi merupakan sistem pembelajaran mobile learning berbasis android yang saat ini memang  banyak digunakan dalam pembelajaran anak sekolah namun ada beberapa sekolah yang belom mengenal sistem pembelajaran mobile learning terutama pada sekolah-sekolah dalam desa. Metodologi ya ng digunakan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyz, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Aplikasi teknik videografi dirancang dan dibuat menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain dan Mit App Inventor untuk pemrograman hasil akhir aplikasi berbasis android dijalankan secara offline. Tujuan dibuatnya aplikasi media pembelajaran teknik videografi yaitu memudahkan siswa dalam berlajar teknik videografi dengan cara yang belum pernah dipelajari sebelumnya sehingga saat dilaksanakannya pembelajaran dengan aplikasi teknik videografi ini sangat menarik siswa untuk belajar. Pengujian aplikasi yaitu dengan validasi kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi dalam bentuk angket. Dalam pengujian aplikasi oleh ahli materi memperoleh skor 75,5% dan pengujian aplikasi oleh ahli media memperoleh 72% dan hasil uji respon siswa memperoleh 77,5 dan dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan aplikasi Teknik Videografi layak untuk digunakan.
Â
Kata kunci: teknik videografi, android, mit app inventor, media pembelajaran, multimedia.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, F. K., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N. C., & Duong, N. T. (2018). Effectiveness Of Elements Periodic Table Interactive Multimedia In Nguyen Tat Thanh High School. Ijiet (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 1–10.
Hakky, M. K., Hardi Wirasasmita, R., Uska, M. Z., Studi, P., Informatika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi (Vol. 2, Issue 1).
Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Androidmata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Jurnal Refleksi Edukatika, 8, 81.
Kusumadewi, W. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 1, 105
Rohmawati, I., Sudargo, & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara†Menggunakan Unity 3d Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 2, 184.
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i2.16739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)

