PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Muhammad Istiqlal

Abstract


­­­­­­­­­­­­­­­­Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika pada siswa MAN Yogyakarta I dan mengetahui kualitas dari multimedia interaktif tersebut berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan pembelajaran, serta berdasarkan penilaian teknis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis Standar Isi dilanjutkan dengan pengumpulan referensi media kemudian penyusunan rancangan media, dan membuat multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang telah dibuat dikonsultasikan dan dinilaikan kepada ahli materi & pembelajaran, ahli media, dan siswa kelas besar. Multimedia Interaktif ini memuat materi pokok Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat yang terdiri dari tujuh subbab, yaitu: Tokoh Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat, Sistem Persamaan Kuadrat dan Kuadrat, dan Video Contoh Pengerjaan Soal. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan multimedia interaktif matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan 32 siswa kelas X dengan skor 106,0313 dari skor maksimal 125, sedangkan persentase keidealannya adalah 84,825 %, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M., & Trollip, S.R. 2001. Multimedia for learning method and development. Needham Heights: Allyn & Bacon

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Borovcnik, M., & Kapadia, R. 2009. Research developments in probability education. International Electronik Journal of Mathematics Education, 4, 11-130.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hargenhahn B.R., & Olson M.H. (2008). Theories of learning. (Terjemahan Tri Wibowo BS.). Jakarta: Kencana. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Munadi, Yudhi . 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sadiman, Arif S., dkk. 1993. Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Soenarto, Sunaryo. 2009. Pembelajaran Berbasis Multimedia sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Hasil Belajar dan Prsepsi Mahasiswa (Penelitian).

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICAUPIO

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Suryadi, Ace.Reformasi Sistem Pembelajaran (artikel)

Usman, Basyiruddin, dkk.2002. Media Pembelajaran.Jakarta: Ciputat Press

Wirosari, Renati Winong, dkk. 2008. Adobe Flash CS3 Untuk Pemula.Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.