Pengembangan Pemuda Positif: Integrasi Nilai-Nilai Universal dalam Pelatihan dan Pembinaan Olahraga Bola Voli

Juhrodin Juhrodin, Pepep Mochamad Syafei

Abstract


Integrasi Nilai-Nilai Universal dalam Pelatihan dan Pembinaan Olahraga Bola Voli  adalah respons konstruktif terhadap degradasi moral remaja yang tercermin dalam analisis situasi di Desa Sindanglaya, Kabupaten Ciamis. Analisis situasi menyoroti kurangnya aksesibilitas terhadap kegiatan positif, perubahan dalam struktur keluarga, dan pengaruh media yang tidak terkontrol sebagai faktor utama yang menyebabkan rendahnya pengarahan moral pada remaja. Melalui pengembangan program ini, terintegrasi dengan pendidikan moral, partisipasi keluarga, dan kampanye penyuluhan masyarakat, tujuannya adalah membentuk karakter positif pada generasi muda. Metode pengabdian masyarakat yang mengadopsi pendekatan Participatory Action Research (PAR) melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat lokal dalam identifikasi, analisis, dan penyelesaian masalah. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai olahraga pada remaja, terutama dalam aspek Fair Play, Problem Solving, Communication, Teamwork, Discipline, dan Leadership. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerapan nilai-nilai ini. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan aspek fisik tetapi juga membentuk fondasi moral yang kuat pada generasi muda melalui pengalaman positif dalam olahraga bola voli.


Keywords


Pengembangan Pemuda Positif, Nilai-Nilai Universal Olahraga, Pelatihan dan Pembinaan Olahraga Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Bean, C., Kramers, S., & Harlow, M. (2022). Exploring life skills transfer processes in youth hockey and volleyball. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 20(1), 263–282. https://doi.org/10.1080/1612197X.2020.1819369

Coutinho, P., Ribeiro, J., da Silva, S. M., Fonseca, A. M., & Mesquita, I. (2021). The influence of parents, coaches, and peers in the long-term development of highly skilled and less skilled volleyball players. Frontiers in Psychology, 12, 667542.

Holt, N. L., Neely, K. C., Slater, L. G., Camiré, M., Côté, J., Fraser-Thomas, J., MacDonald, D., Strachan, L., & Tamminen, K. A. (2017). A grounded theory of positive youth development through sport based on results from a qualitative meta-study. International Review of Sport and Exercise Psychology, 10(1), 1–49.

Jondra, J., Fakhruddin, F., & Bin Ridwan, R. (2022). Pola Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Untuk Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. IAIN Curup.

Juhrodin, J., Munanjat Saputra, Y., Ma’mun, A., & Yudiana, Y. (2023). The integration of the universal values of sport into physical education: Positive Youth Development (PYD) framework. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(2), 260–273. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i2.19859

Matondang, E. S. (2016). Perilaku prososial (prosocial behavior) anak usia dini dan pengelolaan kelas melalui pengelompokan usia rangkap (multiage grouping). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34–47.

Nation, U. (2004). Sport for Development and Peace : Towards Achieving the Millennium Development Goals. Report from the United Nations Inter-Agency Task Force on Sport for Development and Peace. The Lancet, 365(9464), 1029–1030. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(05)74222-7

Nugraheni, H., & Indarjo, S. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Deepublish.

Oyekan, S. O. (2015). The role of orientation in youth empowerment for national development. European Journal of Social Science Education and Research, 2(4), 297–310.

Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak pergeseran peran dan fungsi keluarga pada perilaku menyimpang remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Steinberg, L. (2005). Cognitive and affective development in adolescence. Trends in Cognitive Sciences, 9(2), 69–74. https://doi.org/10.1016/j.tics.2004.12.005

Wening, S. (n.d.). Nilai Pendidikan Konsumen: Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. PT Kanisius.

Zai, K., Marampa, E. R., Undras, I., & Sinlae, D. Y. (2023). Pendidikan Karakter dan Kewarganegaraan Sejak Dini: Sebuah Upaya Mengatasi Degradasi Moral di Era 4.0. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 792–799.




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i1.18081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 asep juhrodin juhrodin

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.