Pelatihan Penerapan Model Pendidikan Gerak Pada Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
Abstract
Salah satu aspek yang menunjukan kemampuan pedagogis guru PJOK adalah penerapan model pembelajaran yang khas dalam PJOK. Dalam hal ini, ialah model pendidikan gerak yang dikenal sebagai model pembelajaran yang dominan kepada aspek psikomotorik yang mana proses pendidikan melalui gerak. Fenomena yang kami temukan bahwa Sebagian guru-guru PJOK masih belum memahami dengan baik esensi dari model pendidikan gerak tersebut. Padahal belajar gerak merupakan hal yang mendasar dan penting terhadap keterampilan gerak yang lebih kompleks. Peserta didik diharapkan memiliki keterampilan gerak yang mapan, sehingga di jenjang selanjutnya, dalam hal ini penguasaan cabang olahraga tertentu yang tentunya pola gerak yang lebih kompleks, mereka bisa melakukan dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, kami menggunakan metode mensosialisasikan terlebih dulu terkait pentingnya penerapan model pendidikan gerak pada mata Pelajaran PJOK. Kemudian, melakukan pelatihan terhadap mitra pengabdian agar mampu menerapkan model pendidikan gerak di kelasnya masing-masing. Melalui pengabdian ini kami hasil pelatihan menunjukan bahwa guru-guru PJOK sangat terbantu untuk meningkatkan kemampuan pedagogisnya melalui pelatihan ini, sebab selama ini belum ada pelatihan khusus model pendidikan kebugaran kepada guru-guru PJOK di kabupaten Polewali Mandar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, S. (2019). Landasan pengembangan sekolah olahraga.
Ariq, M. I., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas e-lkpd “ekosistem” berbasis saintifik untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 562–571.
Irianto, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(1).
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2021). Kesehatan Dalam Pendidikan Jasmani. CV Salam Insan Mulia.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Nurpratama, I. B., & Pujianto, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Beladiri di SMA se-Kecamatan Mranggen. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 584–590.
Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran gerak dalam pendidikan jasmani dari perspektif merdeka belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 219–228.
Rahadian, A., Taufik, M. S., & Si, S. (2021). Spirit Olympism Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Penerbit Adab.
Suherman, A. (2018). Kurikulum pembelajaran penjas. UPI Sumedang Press.
Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Jakad Media Publishing.
Wyandha, B., Purnama, E. D., Primaridha, M. R., & Damariswara, R. (2023). Analisis Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN Plosokidul. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 53–66.
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book.Kurikulum Merdeka di SDN Plosokidul. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 53–66.
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani.
AhlimediaBook.
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i1.19207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hasmyati Hasmyati, Nur Indah Atifah Anwar, Alimin Hamzah, Haeril Haeril, Muh. Ilham Aksir
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.