Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Teknik Sipil Giratory Upgris?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL E-JOURNAL GIRATORY

(Judul Artikel, Sekitar 15 Kata, Memberi Gambaran Penelitian yang Telah Dilakukan, Jenis

Huruf Times New Roman 12, spasi 1, spacing after 6 pt)

Nama Penulis Pertama (Times New Roman 11, Bold, spasi 1)

Afiliasi (Program Studi, Fakultas, Universitas)

E-mail (Times New Roman 10, spasi 1, spacing after 6 pt)

Nama Penulis Pertama (Times New Roman 11, Bold, spasi 1)

Afiliasi (Program Studi, Fakultas, Universitas)

E-mail (Times New Roman 10, spasi 1, spacing after 6 pt)

 

Abstrak

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak diketik dengan spasi tunggal dengan batas pengetikan lebih sempit dari batas pengetikan teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk mendeskripsikan masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari penelitian. Kata kunci dapat berupa kata tunggal, atau gabungan kata. Jumlah kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi guna mempermudah pencarian judul penelitian dan abstraknya. 150-250 kata.

Kata kunci: isi, format, artikel.

 

Abstract

An Abstract is brief summary of a research article, thesis, review, conference proceeding or any-depth analysis of a particular subject or dicipline, and is often used to help the reader quickly  ascertain  the  paper  purposes.  When  used,  an  abstract  always  appears  at  the beginning of a manuscripst or typescript, acting as the point-of entry for any given academic paper or patent application. Abstracting and indexing services for various academic disipline are aimed at compiling a body of literature for that particular subject. Abstract length varies by dicipline and publisher requirements. Abstract are typically sectioned logically as an overview of what appears in the paper. 150-250 words.

Keywords: content, formatting, article.

 

 

I.                PENDAHULUAN

Secara umum, manuskrip disusun dalam subjudul yang terdiri atas PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN DISKUSI, KESIMPULAN/RINGKASAN. Namun demikian urutan ini dapat disesuaikan dengan bidang ilmu yang ditulis.

Penulis artikel perlu memperhatikan kemungkinan publikasi lain sehingga terhindar dari duplikasi, potensi paten, munculnya komplain karena menggunakan perangkat lunak ilegal dan melibatkan pihak lain dalam penelitian kerjasama.

Untuk menyisipkan gambar, tempatkan kursor pada titik yang dituju kemudian pilih di antara: Insert | Picture | From File atau kopi gambar ke clipboard lalu pilih Edit | Paste Special | Picture (dengan “float over text” tidak dicentang).

II.              METODE PENELITIAN

A.               Metode Penelitian

 

Gambar. 1.  Pertukaran isotop oksigen gas dan oksigen dalam patatan katalis perovskit.Biasakan untuk menunjukkan signfikansi dari gambar pada judul gambar (caption).

 

 

Bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan, yang berisi: 1) rancangan penelitian; 2) populasi dan sampel (sasaran penelitian); 3) teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen; 4) serta teknik analisis data. Jika penelitian menggunakan alat dan bahan, maka perlu dijelaskan spesifikasi alat dan bahannya.

B.               Gambar

Format dan simpan citra grafis Anda menggunakan program pemrosesan grafis yang sesuai dan legal. Sesuaikan ukuran dan resolusi dari citra tersebut agar setiap tulisan maupun bentuk obyek yang terkandung di dalamnya tetap dapat dibaca atau dibedakan.

Ukuran Gambar dan Tabel

Biasanya gambar dan tabel ditampilkan dalam lebar 1 kolom (3 1/2 inci atau 8,89 cm) atau 2 kolom (7 1/16 inci, lebar 17,93 cm). Sebisa mungkin ukuran lebar gambar ataupun tabel tidak kurang dari 1 kolom. Hal ini dikarenakan pembesaran yang terlalu ekstrim dapat mendistorsi gambar dan menghasilkan reproduksi yang bekualitas rendah. Untuk itu adalah lebih baik jika gambar yang hendak ditampilkan berukuran sama atau sedikit lebih besar dari 1 atau 2 kolom.

Tabel1.

Nilai constant ratioberbagai kombinasi pasangan

Id

Pasangan

Rata-Rata CR*

R1

a – c1

0,0193233

R2

b – c1

0,0132334

R3

c – c1

0,0132334

R4

a – c2

0,2343343

R5

b – c2

0,3423423

R6

c – c2

0,3423443

R7

a – c3

0,0023444

R8

b – c3

0,0200343

R9

c – c3

0,0234443

Garis vertikal boleh ditambahakan. Pernyataan yang menjelaskan seluruh bagian tabel diletakkan pada judul tabel, tidak pada catatan kaki di sini.

 aCR – Constant ratio.

 

 

 

Jika memungkinkan, gunakan open type font (Times Roman, Helvetica, Helvetica Narrow, Courier, Symbol, Palatino, Avant Garde, Bookman, Zapf Chancery, Zapf Dingbats, dan  New Century Schoolbook) ketika mencantumkan tulisan di dalam gambar dengan  ukuran font 9 pt.

C.              Formulir Copyright

Setiap penulis bertanggung jawab secara pribadi atas apa yang dituangkan dalam jurnal ilmiah ini.

III.            PETUNJUK TAMBAHAN

A.               Gambar dan Tabel

Karena tim editor publikasi tidak akan melakukan penyuntingan ulang terhadap posisi dan ukuran dari gambar ataupun tabel yang dicantumkan, Anda hendaknya memastikan bahwa semua gambar dan tabel telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan. Gambar dan tabel yang Anda telah atur akan tampil seperti apa adanya pada saat dipublikasikan. Anda disarankan menampilkan gambar dan tabel seperti contoh pada template ini. Konsultasikan terlebih dahulu hasil penyuntingan Anda sebelum didaftarkan ke sistem ejurnal ini.

Judul gambar harus diletakkan pada bagian bawah dari gambar terkait dengan penyelarasan justify (lihat contoh). Jika gambar Anda terdiri lebih dari satu bagian, tambahkan label “(a)”, “(b)”, dan seterusnya sebagai bagian dari gambar. Jangan memberi garis batas tepi pada gambar. Sementara itu, judul tabel harus diletakkan pada bagian atas tabel dengan penyelarasan tengah. Pastikan bahwa setiap gambar atau tabel yang dirujuk memang benar-benar ada dan setiap gambar atau tabel memang benar-benar dirujuk. Baik gambar maupun tabel diberi nomor menggunakan penomoran arab.

Untuk menuliskan label pada sumbu-sumbu dari sebuah diagram/gambar lebih baik digunakan kata daripada simbol. Pastikan semua simbol maupun kata dapat dibaca (readable).

B.               Formula Matematika

Jika Anda menggunakan Word, gunakan Microsoft Equation Editor untuk menulis setiap rumus atau persamaan yang muncul (Insert | Object | Create New | Microsoft Equation). Jangan pilih opsi “Float over text”.

C.              Daftar Pustaka

Seluruh sumber pustaka yang diacu harus dicantumkan pada Daftar Pustaka, sebaliknya semua sumber pustaka yang dicantumkan pada Daftar Pustaka harus diacu.

D.              Singkatan dan Akronim

Definisikan singkatan dan akronim ketika pertama kali ia digunakan dalam teks, walaupun telah didefinisikan dalam abstrak. Singkatan yang sudah populer di bidangnya tidak perlu disingkat, seperti IEEE, SI, ac, dan  dc (elektronika). Singkatan yang mengandung tanda titik tidak membutuhkan spasi: tulis “C.N.R.S.,” bukan “C. N. R. S.”. Jangan menggunakan singkatan pada judul kecuali tidak dapat dihindari.

E.               Persamaan

Penomoran persamaan harus bersesuaian dengan urutan kemunculan rumus atau persamaan tersebut dalam teks. Penomoran ditulis dalam tanda kurung dengan menggunakan marjin kanan, seperti dalam (1). Anda direkomendasikan untuk menggukan equation editor untuk membuat sebuah persamaan. Beri tanda titik pada akhir sebuah persamaan yang merupakan bagian dari sebuah kalimat, seperti yang terdapat pada

                     (1)

dengan semua besaran disajikan penjelasannya setelah persamaan, misal J adalah besaran utama, i dan k menyatakan indeks pada jumlahan; simbol besaran ditulis dengan bentuk huruf italics.

Pastikan bahwa setiap simbol dalam persamaan yang Anda sebutkan telah didefinisikan sebelum atau segera setelah persamaan tersebut muncul. Perhatikan bahwa simbol dicetak miring. Sementara itu, satuan dicetak biasa (misal, T dapat merujuk kepada suhu, akan tetapi T merupakan tesla, satuan dari fluks magnet). Rujuk ke “(1),” bukan “Pers. (1)” atau “persamaan (1),” kecuali pada awal sebuah kalimat:: “Persamaan (1) merupakan ... .”

F.               Rekomendasi Lainnya

Hendaknya Anda menggunakan sebuah spasi setelah titik maupun koma. Gunakan penulisan angka baku yang berlaku di Indonesia, misalnya nilai desimal: “0,25” bukan “0.25”. Anda juga dapat menyajikan angka dengan penulisan ilmiah seperti “2,4×10-6” dengan simbol pengali “×” bukan huruf “x”. Gunakan satuan besaran menurut Sistem Internasional (SI). Ketidakpastian (errors) hendaknya ditampilkan menurut kaidah baku, yaitu nilai rata-rata dan ketidakpastiannya memiliki angka desimal yang sama, misalnya “2,58±0,07”, menggunakan simbol “±” bukan “+-“ atau “+/-“. Ketidakpastian dapat juga ditampilkan pada gambar menggunakan garis ketidakpastian (error bars).

Pernyataan dalam tanda kurung pada akhir kalimat hendaklah diberi tanda titik setelah tanda kurung penutupnya (seperti ini). (Sebuah pernyataan dalam tanda kurung hendaklah diakhiri dengan tanda titik sebelum tanda kurung penutupnya.)

IV.            PRINSIP-PRINSIP PUBLIKASI

Artikel-artikel yang dimuat adalah hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Beberapa hal yang penting diperhatikan oleh penulis:

1)     Penulis wajib menghindarkan artikelnya dari kemungkinan plagiarisme.

2)     Jumlah halaman artikel adalah maksimal 10 halaman.

3)     Para penulis wajib menjamin bahwa hasil penelitian dan tulisan yang dimuat memenuhi kaidah ilmiah dan standar penulisan ilmiah yang baik. Hasil dari penelitian yang masih berlangsung (ongoing) tidak dapat diterima untuk ditampilkan dalam artikel.

V.              KESIMPULAN/RINGKASAN

Tuliskan kesimpulan dari penelitian yang artikelnya Anda tulis ini tanpa mengulang hal-hal yang telah disampaikan di Abstrak. Kesimpulan dapat diisi pula tentang pentingnya hasil yang dicapai dan saran untuk aplikasi dan pengembangannya.

UCAPAN TERIMA KASIH

Tuliskan ucapan terima kasih dengan bahasa baku, misalnya, “Penulis A.F. mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ristekdikti Republik Indonesia yang telah memberikan dukungan finansial melalui Hibah Penelitian”. Penulis juga diperkenankan menyampaikan ucapan terima kasih kepada sponsor penyedia dana penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Garcia-Ochoa, F. F. and Gomez, E., (2004), "Theoretical prediction of gas-liquid mass transfer coefficient, specific area and hold-up in sparged stirred tanks" Chemical Engineering Science, Vol. 59 (12) pp. 2489-2501. (Pustaka yang berupa  majalah/jurnal ilmiah/ prosiding)

Paul, E. L., et al., (2004), "Handbook of Industrial Mixing", John Wiley & Sons, Inc., pp. 34-36 (Pustaka yang berupa judul buku)

Sillanpaa, M. (2005), "Studies on Washing in Kraft Pulp Bleaching. Faculty of Technology", PhD Thesis, Department of Process and Environmental Engineering, Oulu, University of Oulu, Finland, pp. 100-105 (Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi)

Primack, H.S., (1983), “Method of Stabilizing Polyvalent Solutions”, U.S. Patent No. 4,373,104 (Pustaka yang berupa paten/prosedur)

Durst, R. A. and Bates, R. G., (2000), "Hydrogen-Ion Activity" in Kirk-Othmer Encyclopedia of Chemical Technology, John Wiley & Sons, Inc.,Vol. 13., pp. 24-25 (Pustaka yang berupa bagian buku)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs elektronik Jurnal Teknik Sipil Giratory Upgris ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Gizi Klinik Indonesia berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.