KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU AJAR BERKARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS III
Abstract
Anak  usia  sekolah  dasar  atau  SD  menurut  Piaget  tergolong  dalam  tahap Operasional Kongkrit yakni umur 7 sampai 11 tahun. Pada tahap ini adalah anak  sudah  mulai  menggunakan  aturan-aturan  yang  jelas  dan  memiliki kecakapan berpikir logis. Meskipun sudah memiliki kemampuan berpikir logis, anak perlu diberi gambaran konkret, sehingga ia mampu menelaah persoalan. Dalam  pembelajaran  dikelas  buku  ajar  yang  digunakan  siswa  kurang memberikan gambaran yang kongkrit, maka dari itu kami mencoba untuk membuat buku ajar yang memberikan gambaran yang kongkrit tentang materi yang diajarkan, sehingga mampu memberikan pemahaman yang lebih kepada siswa. Buku  ajar berkarakter dibuat  sedemikian  rupa mampu melatih siswa untuk memiliki karakter membaca dan belajar secara baik.
Keefektifan Media Buku Ajar Berkarakter Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD memiliki pengaruh yang baik dilihat dari (1) pembelajaran memenuhi ketuntasan baik secara individual maupun klasikal,dengan nilai pada kolom sig (2-tailed) adalah 0,000, dimana 0,000 <
0,05. Artinya H0 ditolak, maka nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai ketuntasan yang ditargetkan yaitu 75. Dilakukan uji proporsi untuk mengetahui tingkat ketuntasan siswa secara individual. Uji proporsi dengan menggunakan
taraf nyata 5% diperoleh Z ta b el = 1,68, sedangkan nilai Z h itu n g = 0,39, maka H0 diterima. artinya proporsi ketuntasan belajar peserta didik secara individual adalah 80%. Dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas eksperimen tuntas secara klaksikal dan individu (2) keaktifan  peserta didik berpengaruh positif terhadap  hasil  belajar  sebesar  86,7%,  (3)  hasil  belajar  peserta  didik
menggunakan buku ajar matematika yang berkarakter lebih baik dengan rata-rata hasil belajar diperoleh 80,94 untuk kelas eksperimen dan 62,60 untuk kelas kontrol.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 MALIH PEDDAS
Â
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSNÂ 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com