Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Permainan Engklek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirul Fatkhan H (2017). “ Pengertian Minat Belajarâ€. Blog Pendidikan.
Annur, M, N, sumarwiyah, dan Purbasari I.(2020). Media Engklek Gunung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Payaman. jurnal pendidikan Dasar. 1(2) :30 – 40.
Http://journl.bungabangsacirebon.ac.id./index.php/edubase/article/view/134. Di akses pada 2 juni 2021.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Puji, Siwi. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisikaâ€. Jurna Formatif. 5 (1). 71.
Ella, Agustina. 2020. Alat Peraga Engklek Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menggali Pengetahuan Baru Siswa. Jurnal ilmiah Pendidikan. 1 (2).
http://Jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis/search/authors/view?firstName=Ella&middleName=&lastName=agustina&affiliation=&country=ID. Diakses pada tanggal 12 Februari 2023.
Fajriah, N. 2017. “Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Gundu Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran Panjangâ€. Jurnal Edumath. 3(1): 41-48
http:/ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/282/172. Diakses pada tanggal 12 februari 2023.
Fahrudin A G, Zuliana E, dan Henri S B (2018). “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpasâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya. diakses pada tanggal 20 september 2021.
Fatonah. S dan Naemah. Z (2022). “Analisis Pengaruh Games Education (Permainan Engklek) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasa Keliling Bangun Datarâ€. BASICEDU. 6 (4). http://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3455. Di akses pada tanggal 16 Februari 2023.
Hasanah, N. I. dan Pratiwi, H. (2017). “Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisionalâ€. Aswaja Pressindo. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Hendawati Y dan Cici K (2017). “Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannyaâ€. Jurnal Pendidikan ke-SD-an. 13(1).
Hidayah, Marfuqotul. 2015.â€Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika Untuk peningkatan kemampuan Pemecahan masalah Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Teras Tahun 2014/2015. Surakarta. INSTITUTIONAL REPOSITORY.
Jihad, asep., Abdul, Haris. 2013. “Evaluasi Pembelajaranâ€. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Khoerunisa, T. (2020). “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebonâ€. EduBase, 1(1), 84–92..1(1) (2020). http://journl.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/rticle/view/47.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lestari, S. & Suryani, E. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis SETS Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi Ungaranâ€. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1) : 40-45.
Mariya (2019). “Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAâ€. PAJAR. 3 (6). Diakses pada tanggal 16 Februari 2023.
Mulyasari Dini Wahyu dkk. 2021. †Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika Permainan Engklek terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasarâ€. JURNAL TADRIS MATEMATIKA 4 (1). http://ejournal .iain
-tulungagung.ac.id/index.php/jtm di akses pada tanggal 16 Juni 2023.
Purwanti, K. Y. & Zulmi R. R. 2022. “Keefektifan PBL Berbasis Games Berbantuan Brain Math Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.†Elementary School Journal 12(4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/39844.
Putra, L. V., Ela S., Ontya S. K., Wahyu T. U. (2021). “ Improving Students Mathematical Problem Solving Abilities by Using Problem Based Learning Approachâ€. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 1 (10), 457-466.
Permana Aditya (2013). “Perancangan Multimedia Interaktif Permainan Tradisional†Tugas Akhir Semester II 2012-2013. https://123dok.com/document/ozlj9nly-perancangan-multimedia-interaktif-permainan-tradisional-sondah-engklek.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Putra, Lisa, Virdinarti. Sri, Mujiono. Ela, Suryani. (2021). “Pelatihan Ultanum Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasarâ€. ABDIRA. 1(2). 89.
Putu N W dkk (2015). “Analisis pemahaman konsep dalam pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjarâ€. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).
https://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847.
Rachmatullah, R. Ms, Z. & Sumantri .(2018). “Development Of Computer- Based Interactive Multimedia†: Study on elementry educatio. International Journal Of Engeneering Ang Tecnology (UAE), 7(4), 2035-2038.
Rahmadani (2019). “Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)â€. Lantanida Journal, 7 (1).
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/4440.
Rahmat Ewo (2018). “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan. Bandung.
Retno Laras W dkk (2020) “Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika†Jurnal Primatika. 9 (1). https://ejurnal.fkip.unmul.ca.id/index.php/primatika/article/view/247. Diakses pada 20 September 2021.
Rubianti Tati, Tati P dan Nelis S (2019). “Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Vâ€. Jurnal Of Elementary Education 2 (2). http://journal.ikipsiliwangi.ac.id//index.php/collase/article/download/3143/812. Diakses pada 22 Juni 2023.
Sahrudin, A, dan Trisnawati (2018). “Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek untuk Meningkatkan Thinkinh Math Peserta Didik MA Global Schoolâ€. Jurnal SJME (SupremumJournal of Mathematics Education), 2(1):32-43.
Saputro, Eko, Styo. (2021).â€Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)â€. Journal Of Teacher Professional. http://ojs.unm.ac.id/TPJ/article/view/26763. Diakses pada tanggal 22 Juni 2023.
Shoiman, Aris. (2014:680) “Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013â€. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. https://www.silabus.web.id/problem-based-learning/
Siregar, N, dan Lestari, W. (2018). “Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasarâ€. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (2:2).
Sosyawati Darliani. (2019). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Engklek di SD Negeri Sindang 1 Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedangâ€. Jurnal Visipena. 10 (2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukertiyarno. 2020. Olah Data Penelitian berbantuan SPSS. Semarang.
Sumarno. U (2014). “Asesmen soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013â€. Retrieved (1-30). https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-dan-hard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Suryani, Ela. 2022. “Permainan Monopoli IPA Untuk Meningkatkan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SDâ€. Boyolali : Lakeisha
Suryani, E. Rusilowati, A., & Wardono (2016). “Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitifâ€. Journal of Primary Education. 5(1):56-65.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/12893. Di akses pada tanggal 8 November 2021
Suryani, E. & Fauziah, S. 2019. “Keefektifan Dart Aksara dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SDâ€. Prosiding Sendika 2019. 1(1): 231-237. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/377. diakses pada 13 Desember 2021.
Violita Tika (2020). “Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD/MIâ€. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri. http://repository.radenintan.ac.id/13424/. Di akses pada tanggal 7 Juni 2021.
Wijayanti, R. & Trisiana, A. 2018. “Pengaruh Permaian Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IIIâ€. SINEKTIK. 1 (2).
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.16293
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.