PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR SUPRIYADI KOTA SEMARANG

Sri Wijayanti, Sri Hartono, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Abstract


Kurikulum 2013 bukan merupakan hal yang baru di dalam dunia pendidikan, khususnya jenjang sekolah dasar. Akan tetapi, penerapannya di kelas III baru dimulai sejak tahun pelajaran 2018/2019. Implementasi kurikulum 2013 menuntut guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan langkah pendekatan saintifik agar dapat mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas III SD Islam Supriyadi kota Semarang melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas IIIA SD Islam Supriyadi kota Semarang sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada muatan pembelajaran matematika. Pada siklus satu terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik. Akan tetapi peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian. Dengan demikian tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 63% (20 peserta didik tuntas) menjadi 82% pada siklus II (27 peserta didik tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IIIA SD Islam Supriyadi kota Semarang.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunantara, Gd., dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).

Indarwati, dkk. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD”. Setya Widya, 30 (1):17-27.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pistanty, Mingle A., dkk. 2015. Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexGoogle Scholar

Pengunjung :

View My Stats

Copyright of Media Penelitian Pendidikan ISSN: 1978-936X (print), ISSN 2528-0562 (online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.