PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADAANAK KELOMPOK A DI KB-TK ISLAM DAARUS SALAAM SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Diah Anis Rahmawati, Agung Prasetyo, Ratna Wahyu Pusari

Abstract


ABSTRAK

DIAH ANIS RAHMAWATI. NPM 13150054. “Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Kelompok A di KB-TK Islam Daarus Salaam Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2017.

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah anak hanya menjawab secara singkat dan malu untuk menjawab pertanyaan dari guru, anak kurang berani untuk menyampaikan apa yang diinginkannya, kurangnya kosa kata anak dalam berkomunikasi dilihat dari cara anak berkomunikasi dengan orang lain atau temannya, anak belum berani bercerita secara sederhana tentang pengalaman bermainnya, anak cenderung memilih-milih teman tertentu saat pembelajaran.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Kelompok A Di KB-TK Islam Daarus Salaam Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar adanya pengaruh kegiatan bermain peran makro terhadap peningkatan kemampuan komunikasi pada anak kelompok A KB-TK Islam Daarus Salam Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh TK di wilayah Kota Semarang. Sampel yang diambil adalah sekolah KB-TK Islam Daarus Salaam Semarang berjumlah 17 anak sebagai kelas eksperimen dan 17 anak sebagai kelas kontrol. Dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (9,427469698> 1,701). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan pada kegiatan bermain peran makro dengan memerankan beberapa tokoh sekaligus dalam cerita terhadap komunikasi pada anak kelompok A di KB-TK Islam Daarus Salaam Semarang.

            Berdasarkan hasil penelitianini saran yang dapat disampaikan adalah kegiatan bermain peran makro dengan memerankan beberapa tokoh sekaligus dalam cerita dapat memberikan pengaruh terhadap komunikasi pada anak.

Kata Kunci : Bermain Peran Makro, Komunikasi, Anak


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

    

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats