STUDI LITERATUR: MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ghina Fairuz Fakhirah Syawalia, Taopik Rahman, Rosarina Giyartini

Abstract


 

Abstract

Fine motor development of early childhood is certainly very important for children's growth and development, but most children must have their own obstacles in fine motor development. Based on this, it is necessary to stimulate fine motor development. For this reason, this study wants to examine various media for fine motor development of children 4-5 years old. The method used is literature systematization. From 50 published articles from various journals, after conducting a screening process using a systematic literature method, 20 articles were selected as the final one. Subtle results from 20 sources showed that most of the studies reviewed revealed a lot of useful learning media and were used to develop motor skills of children aged 4-5 years. The results of the study of the journal, the media used from 2018-2022 are busy book, kinetic sand, montage, mosaic, picture blocks, busy board, collage, APE maze, plasticine, busy table, playdough, and finger painting. The results of various learning media for fine motor development aged 4-5 years have succeeded in increasing fine motor development aged 4-5 years.

Keywords: Learning media, Fine Motor, Systematic Literature Review

 

Abstrak

Perkembangan motorik halus anak usia dini tentunya sangat sekali penting bagi tumbuh kembang anak, namun sebagian anak pasti mempunyai hambatan tersendiri pada perkembangan motorik halus. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya stimulus perkembangan motorik halus. Untuk itu, penelitian ini ingin mengkaji berbagai media untuk perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Adapun metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis. Dari 50 publikasi artikel dari berbagai jurnal, setelah melakukan proses screnning yang menggunakan metode tinjauan literatur sistematis, dihasilkan 20 artikel yang dipilih sebagai peninjauan akhir. Hasil tinjauan terhadap 20 sumber didapat merupakan hasil studi yang mengemukakan mengenai penggunaan media pembelajaran yang bermanfaat serta digunakan untuk perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Hasil telaah artikel, media yang digunakan dari 2018-2022 yaitu busy book, kinetic sand, montase, mozaik, balok bergambar, busy board, kolase, APE maze, plastisin, busy table, playdough, dan finger painting. Hasil dari berbagai media pembelajaran untuk perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun berhasil meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Kata kunci: Media pembelajaran, Motorik Halus, Tinjauan Literatur Sistematis


Keywords


Media pembelajaran, Motorik Halus, Tinjauan Literatur Sistematis

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Buku:

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Yasbiati., & Nur, L. (2016). Strategi Pengembangan Fisik Motorik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Skripsi:

Yunita, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Kolase Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sabillyrosyad Totoharjo Bakauheni Lampung Selatan. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.

Dayanti, Y. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Kinetic Sand terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Bina Way Halim Bandar Lampung. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.

Sembiring, E. K. B. Pengaruh Media Plastisin Bubur Kertas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Perwanida 1 Bandar Lampung. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.

Artikel dan Jurnal:

Prahmana, Agustina, S., dkk. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24-33.

Anugrah, D. P. (2021). Pengembangan Media Busy Board untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Hidayah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). 10339-10347.

Fitriyah, Q. F.,dkk. (2022). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(2), 719-727.

Dewi, N.K., & Surani. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2). 190-195.

Handayani, O.D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG, Jurnal Obsesi, 5(1), 93-102.

Hendayani, Y. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Bergambar Di TKIP Assalaam Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 48-60.

Huda, K. & Dian, H. (2020). Penggunaan Media Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Realita, 5(1), 986-994.

Karela, Y., dkk. (2020). Rancangan Kegiatan Montase sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 92-97.

Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30-36.

Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembeuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-10.

Pangesti, N. V.,dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 381-393.

Pura, D.N. & Asnawati (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Seruran Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 132-140.

Lismadiana. (2013). Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. (Jurnal). Universitas Negeri Yogyakarta.

Safari, G. & Risdayanti, O. (2020). Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Suspek Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 4-5 Tahun Di TK. Healthy Journal, 8(1), 34-40.

Sari, Y.,dkk. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3), 1-11.

Sitepu, M. J. & Janita, R. S. (2016). Meningkatkan Kemempuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. (Jurnal). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Sukmawati, A., dkk. (2021). Media Mozaik untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 246-252.

Syawalia, G. F. F., dkk. (2021). Analisis Media Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun, Jurnal PAUD Agapedia, 5(2). 229- 236.

Taniara, H., dkk. (2019). Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Media Bahan Alam Pasir Berwarna di TK Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(3), 88-100.

Yani, R., dkk. (2021). Pengembangan Media Busy Table untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10625-10630.

Zaki, A., & Diyan, Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec.Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-82




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand