Implementasi Disiplin Positif Oleh Orangtua Dalam Proses Pengasuhan Terhadap Anak
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to determine how positive discipline is implemented in the parenting process for children and how parental attempts to discipline the parenting process. mainly because a lot of parents use violence as a form of punishment. This study's methodology employs a qualitative method with a phenomenological perspective. where the research approach is based on phenomena or occurrences that are currently taking place. In this study, observation, interviews, and documentation were used as data collection methods. Data gathering, data reduction, and conclusions are the methods of data analysis employed. According to the study's findings, some parents still punish their kids by physically or verbally abusing them. This is done to deter youngsters because, in the eyes of parents, discipline is about abiding by parental rules. According to the study's findings, there are a number of factors that affect how well parents discipline their children, including the type of parenting they use, how much time they spend with them, how well they communicate with them, and how well they understand discipline themselves. Therefore, it's crucial for parents to comprehend discipline.
Keywords:communication, early childhood, parenting, positive disipline
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi disiplin positif dalam poses pengasuhan terhadap anak serta bagaimana upaya orangtua dalam mendisiplinkan pada proses pengasuhan. Karena banyaknya orangtua yangenggunakan kekerasan sebagai alasan pendisilpinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dimana penelitian yang diambil sesuai dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi saat ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisia data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masih ada orangtua yang menerapkan disiplin kepada anak meggunakan kekerasan baik itu fisik maupun verbal. Hal tersebut dilakukan untuk memberi efek jera kepada anak karena menurut orangtua disiplin itu adalah mengikuti aturan yang orangtua berikan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendisiplinan terhadap anak diantaranya pola asuh yang diterapkan oleh orangtua, intensitas waktu orangtua bersama anak, komunikasi antara orangtua dan anak dan pemahaman orangtua terhadap disiplin. Maka dari itu pemahaman disiplin bagi orangtua sangatlah penting.
Kata kunci : anak usia dini, pola asuh positif, komunikasi
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1).
Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh Pendidik Kb Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul. Jendela PLS, 6(1), 34-43.
Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).
Kurniasari, A. (2015). Kekerasan versus disiplin dalam pengasuhan anak. Sosio Informa, 1(2).
Martsiswati E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-
Mila Sabartiningsih, J. A. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam . Jurnal Pendidikan Anak.
Nelsen, J. (2011). Positive discipline: The classic guide to helping children develop self-discipline, responsibility, cooperation, and problem-solving skills. Ballantine Books.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfa
Tumewu Sabrina. (2017). “Melatih Disiplin dari Hati dengan Metode Disiplin Positif”
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.12311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats