Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak TK Belajar Selama Masa Pandemi
Abstract
Abstrak
Selama pembelajaran jarak jauh anak perlu pendampingan dari orang tua atau orang terdekatnya agar anak termotivasi dan semangat dalam belajar. Peran orang tua menjadi salah satu peran yang sangat penting ketika mendampingi anak belajar karena ketika belajar orang tua dapat melihat kendala yang dialami oleh anak dan perkembangan yang dialami oleh anak. Penelitian ini bertujuan agar orang tua memahami dan melaksanakan perannya dalam mendampingi anak, agar orang tua mengetahui kendala yang dialami oleh anak saat mendampingi belajar dirumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner atau angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Virgo Maria 1 Ambarawa dan subjek penelitian adalah orang tua TK Virgo. Data kualitatif tersebut dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Dalam pembelajaran daring ini peran orang tua sangat banyak antara lain sebagai orang tua di rumah, orang tua berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator atau pemberi motivasi dan memberikan fasilitas untuk anak selama pembelajaran dirumah. Beberapa upaya yang dilakukan orang tua adalah mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas, memotivasi anak agar semangat belajar, menjelaskan kembali materi pembelajaran kepada anak menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menyampaikan perintah terkait tugas yang akan dikerjakan agar anak dapat mengerjakan tugas secara mandiri.
Kata kunci: peran orang tua, masa pandemi, pendampingan AUD
Abstract
During distance learning, children need assistance from their parents or closest people so that children are motivated and enthusiastic about learning. The role of parents is one of the most important roles when accompanying children to learn because when learning parents can see the obstacles experienced by children and the development experienced by children. This study aims to make parents understand and carry out their role in assisting children, so that parents know the obstacles experienced by children when accompanying learning at home. The type of research used is descriptive qualitative, data collection techniques using observation, questionnaires or questionnaires, interviews and documentation. This research was conducted at Virgo Maria 1 Kindergarten Ambarawa and the research subjects were parents of Virgo Kindergarten. The qualitative data were analyzed and conclusions were drawn. In this online learning, the role of parents is very much, among others, as parents at home, parents act as educators, mentors, motivators or motivators and provide facilities for children during learning at home. Some of the efforts made by parents are assisting children in learning and doing assignments, motivating children to be enthusiastic about learning, re-explaining learning materials to children using easy-to-understand language, conveying orders related to tasks to be done so that children can do assignments independently.
Keywords: pandemic period; AUD assistance; the role of parents.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada MasaStudy From HAziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada MasaStudy From Home Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.ome Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sugiono, P. D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan.
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.12316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats