NILAI-NILAI KEMANDIRIAN ANAK MELALUI SCAFFOLDING PAD USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG

Diana Widianti, Purwadi Purwadi, Ismatul Khasanah

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penanaman karakter dengan pembiasaan adanya pemberian pijakan (Scaffolding) dari pohon karakter yang dimiliki PAUD Taman Belia Candi Semarang salah satunya karakter mandiri. Kemandirian yang dimiliki anak usia dini akan sangat bermanfaat bagi mereka dalam menumbuhkan kemadiriannya. Tujuan yang ingin dicapai untuk penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai kemandirian anak dengan penerapan scaffolding pada usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain PAUD Taman Belia Candi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dengan adanya pengaruh besar dari pemberian dukungan penerapan scaffolding untuk kemandirian anak telah menjadi suatu pembiasaan aktifitas sehari-hari anak, sehingga muncul kemampuan anak yang berkembang sesuai tingkat perkembangannya dalam melakukan aktifitas sendiri dengan minimnya bantuan orang dewasa relative kecil.  

Kata kunci: anak usia dini, kemandirian, Scaffolding

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

situs judi bola

slot 4d situs togel

slot gacor

situs toto

situs toto

toto togel

bandar togel

toto slot

toto slot login

toto slot