Pengaruh Aplikasi Hand Wash Squad Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Serang
Abstract
Abstract
The background of the study is due to Covid-19 which has a very large impact on daily habits.The purpose of this study was to determine the effect of the hand wash squad application on clean and healthy living behavior in children 5-6 years old in the Serang sub-district, Banten. The method used in this research is a quantitative type of quasi-experimental/quasi-research. The population is all kindergartens in Serang sub-district, with a random sampling technique. Data were taken by conducting pretest, treatment, and also post-test in the experimental class and the control class. The data analysis technique used a normality test, homogeneity test, and paired sample t-test. So it can be concluded that there is an effect of the hand wash squad application on the clean and healthy living behavior of children 5-6 years old in Serang, Banten with the result value of sig. (2-tailed) 0.000 <0.05, while the sig value (2-tailed) for the control class was 0.283 >0.05. It is hoped that this research can be able to reinforce similar research regarding the habit of washing hands with digital-based applications and provide input about using Android as a stimulus medium for hand washing practice activities.
Keywords: Learning Media, Application Hand Wash Squad, PHBS
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Covid-19 yang berdampak sangat besar terhadap kebiasaan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan hand wash squad terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia 5-6 tahun di kecamatan Serang, Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif quasi-experimental/quasi-research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh TK yang ada di Kecamatan Serang Banten dengan teknik random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan pretest, treatment, dan juga posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan hand wash squad terhadap perilaku hidup bersih dan sehat anak usia 5-6 tahun di Serang Banten dengan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, sedangkan nilai sig (2-tailed) untuk kelas kontrol adalah 0,283 > 0,05. Diharapkan penelitian ini memperkuat penelitian sejenis mengenai kebiasaan cuci tangan dengan aplikasi berbasis digital dan memberikan masukan tentang penggunaan android sebagai media stimulus kegiatan praktik cuci tangan
Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Hand Wash Squad, PHBS
Keywords
References
Asriliyanti, A. A. T. P. L. R. (2019). Pengaruh Bermain Alat Musik Drum Band Terhadap Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian DanPengembangan AnakUsia Dni, 6, 2. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7367
Basri, M. S. (2018). Media Pembelajaran Sejarah (1st ed.). Graha Ilmu.
Jehadus, E. E. J. M. V. Y. N. G. R. H. J. (2022). CTPS : Program Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun Kreatif Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat di Desa Bangka Lewat Manggarai Barat. Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.36928/jrt.v5i1.945
Kariadinata, R. M. A. (2012). Dasar-Dasar Statistik Pendidikann (Tim Redaksi Pustaka Setia (ed.); 2nd ed.). CV PustakaSetia.
Khamim et al. (2020). Panduan Opsi Sarana CTPS. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.unicef.org/indonesia/media/7326/file/Panduan Opsi Sarana CTPS di sekolah.pdf
Kurniawati, D. I. A. K. (2022). Hubungan Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat Dengan Perilaku Cuci Tangan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(1), 170: 175. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIK/article/view/1618
Mashud. Nur Ihwanto. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 38. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
Mustika, N. K. P. W. (2021). Sistem Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Berbasis Android. Jurnal Elektro Luceat, 7(2), 1:7. http://118.97.29.116/index.php/jelekn/article/view/407
Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKN di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 68: 75. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7413
Pane, S. fachri. W. K. Z. A. W. (2020). Membuat Aplikasi Pengolah Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Kreatif.
Ramadhani, R. N. S. B. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan (E. Widianto (ed.); 1st ed.). Kencana.
Rosuliana, N. E. . R. A. R. A. K. (2021). Pemberian Edukasi dan Praktik Tentang Cuci Tangan 6 Langkah Benar dan Etika Batuk Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. Prosiding Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, 239.
Setiadi, A. (2021). Implementasi Game Permainan Timun Emas Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 407. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1253
Siyoto, S. A. S. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Media Literasi Publishing.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Unika Atma Jaya.
Wirawan, I. M. C. (2014). Kata Dokter Sehat setiap Hari Ala @blogdokter (G. A. Romadhona (ed.); 1st ed.). TransMedia.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.13316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Iyam Kurniasih, Luluk Asmawati, Laily Rosidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats