PENGARUH KEGIATAN KOLASE KULIT JAGUNG WARNA TERHADAP KREATIVITAS ANAK TK B DI RA AMANAH KABUPATEN BATANG

Mufrida Dwi Yang Anindya Putri, Kristanto Kristanto, Dwi Prasetiyawati

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai pada anak usia 5 – 6 tahun belum optimal dalam  mengembangkan kreativitasnya di sekolah seperti pada saat pembelajaran berlangsung anak masih meniru apa yang di contohkan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga anak tidak berkreasi sendiri untuk membentuk sesuai dengan imajinasinya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh kegiatan kolase kulit jagung warna terhadap kreativitas anak TK B di RA Amanah Yosorejo Kabupaten Batang.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase kulit jagung warnanterhadap kreativitas anak TK B di RA Amanah Yosorejo Kabupaten Batang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian adalah seluruh RA di wilayah Kabupaten Batang. Sampel yang diambil adalah dua kelas di kelas B1 RA amanah Yosorejo Kabupaten Batang berjumlah 20 anak sebagai kelas eksperimen dan di kelas B2 RA Amanah Yosorejo Kabupaten Batang berjumlah 20 anak sebagai kelas kontrol. Dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling bebentuk Purposive Sampling.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih dari ttabel(8,467463601> 1,71). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh kegiatan kolase kulit jagung waran terhadap kreativitas anak TK B di RA Amanah Yosorejo Kabupaten Batang.

            Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah kegiatan kolase kulit jagung warna dapat digunakan sebagai media membangkitkan kreativitas anak.

Kata kunci : Kolase Kulit Jagung Warna. Kreativitas Anak


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

    

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats