ANALISIS HOME VISIT TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA 28 SEMARANG

Rina Karmiyanti, Anita Chandra D S, Purwadi Purwadi

Abstract


ABSTRAK

 

     Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah percaya diri yang rendah pada anak, sehingga dalam pembentukan percaya diri tidak terjadi secara otomatis melainkan memerlukan kesadaran diri, pengetahuan, pengalaman yang bisa dilakukan dengan kesadaran diri, peran orang tua, guru dan lingkungan sekitar anak, melalui home visit diharapkan  percaya diri anak menjadi lebih baikdan lebih tinggi.   Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah percaya diri pada anak meliputi keyakinan terhadap keyakinan diri, diterima di kelompoknya, dan ketenangan sikap. Jenis Penelitian adalah penelitian  kualitatif digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data dan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data, menyajikan dan penarikan kesimpulan.

     Hasil  penelitian  memberikan hasil yang baik, khususnya percaya diri anak usia 4-5 tahundapat terlihat dari 5 anak yang mempunyai percaya diri rendah usia 4 berdasarkan wawancara dengan orang tua dan guru di TK ABA 28 Semarang, dengan 3-4 kalihomevisit  anak merasa diperhatikan guru karena guru datang kerumah anak, mulai berani mengungkapkan pendapatnya, berani maju didepan teman - temannya bercerita dan menyanyi, bangga terhadap hasil karyanya. Saran untuk guruhome visit dapat digunakan sebagai salah satu cara membantu permasalahan   seperti rendahnya percaya diri anak .

 

Kata kunci : Home Visit, Kepercayaan Diri, Anak Usia 4-5 Tahun


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

    

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats