UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 27 GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Tri Sunarsih, Kristanto Kristanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, utamanya begi peserta didik di tingkat Taman Kanak-kanak. Kurangnya rasa percaya diri dalam pembelajaran akan menimbulkan perasaan minder dan apatis yang berimplikasi pada penerimaan materi pembelajaran yang tidak efektif dan efisien.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelompok B TK Pertiwi 27 Gajahmungkur Semarang tahun pelajaran 2013/2014.

Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), yang mengambil populasi pada kelas B TK Pertiwi 27 Gajahmungkur Semarang tahun pelajaran 2013/2014.

Berdasar hasil analisis data, peserta didik kelas B TK Pertiwi 27 Gajahmungkur Semarang semester satu tahun pelajaran 2013/2014 mengalami kesulitan untuk menemukan rasa percaya diri secara utuh. Hal ini terjadi karena peserta didik mengalami hambatan dalam proses bersosialisasi, baik secara internal maupun secara eksternal. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang bisa menarik perhatian dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik.

Atas kenyataan tersebut, guru pada siklus I memberikan perlakuan melalui metode bercerita dengan media gambar, yang memberikan motivasi percaya diri pada peserta didik. Hasil penelitian siklus I didapatkan kondisi 90% peserta didik mengalami perubahan signifikan. Hal ini kemudian ditindaklanjuti dengan pelaksanaan siklus II, dimana perlakuan guru dengan metode bercerita ditingkatkan dengan melakukan bercerita mempergunakan alat bantu berupa boneka tangan. Hasil akhir menunjukkan bahwa seluruh peserta didik bisa mendapatkan percaya diri dengan baik. Hal ini ditandai dengan adanya keberanian peserta didik untuk berkomunikasi dengan guru, mampu bertanya dan mereview cerita yang disampaikan oleh guru dengan bercerita menurut bahasa peserta didik. Oleh karena itu disimpulkan bahwa dengan pendekatan metode bercerita dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas B TK Pertiwi 27 Gajahmungkur Semarang tahun pelajaran 2013/2014.

Saran yang dapat peneliti sampaikan, hendaknya guru pembimbing mampu memberikan materi layanan yang bermuara pada peningkatan rasa percaya diri peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan optimal sesuai target pembelajaran.

 

Kata Kunci : Percaya Diri dan Metode Bercerita

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

   


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats