UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN KONSTRUKTIF BALOK PADA KELOMPOK A PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Isna Rizky Mubarokah, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari kecerdasan visual spasial anak TK A kelompok Buncis yang belum terasah secara optimal. Hal tersebut dapat terlihat dari strategi pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru masih belum bervariasi, sehingga gambaran anak terhadap informasi yang guru berikan kurang tertangkap oleh anak dengan jelas. Saat anak membangun, anak terlihat masih bingung dengan bangunan seperti apa yang akan anak bangun nantinya.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan alat pengumpulan data berupa penugasan, dokumentasi, tanya jawab dan pengamatan. Hasil akhir yang dicapai oleh dari dua siklus diperoleh hasil peningkatan kecerdasan visual spasial anak, yaitu mencapai 37,5 % pada siklus pertama dan 75% pada siklus kedua (indikator kinerja tercapai).

            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan konstruktif balok dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam  upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial anak dan mengurangi kebiasaan serta kejenuhan anak dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci : kecerdasan visual spasial, konstruksi balok, balok


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

   


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats