PENGARUH MEDIA POP-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI KELOMPOK TK A di ABA 49 SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok TK A di ABA 49 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok TK A. Sampel yang diambil adalah kelompok TK A1 berjumlah 20 anak dan TK A2 berjumlah 20 anak. Dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok A di ABA 49 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata akhir kelas eksperimen 10,5 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata akhir sebesar 8,95 dan hasil perhitungan uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (12,62252343 > 2,086 ). Terdapat pengaruh media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok TK A di ABA 49 Semarang.
Â
Kata Kunci : media pop-up, kemampuan menyimak anak.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
slot 4d situs togel
toto togel