PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI DIRI UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Maryadi Maryadi

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mencari model yang akurat, sederhana ,, mudah diterapkan, dan sesuai dengan standart Penelitian Nasional guna melakukan Evaluasi diri Sekolah, agar dapat meningkatkan mutu pendidian secara mikro,maesso, dan makro.

            Jenis penelitian merupakan jenis penelitian Research and development (R&D), dengan melibatkan Stakeholder sekolah seperti : Guru, Kepala Sekolah, LPMP, Komite Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten, dan para pakar pendidikan. Scope penelitian pasa area Kabupaten.

            Metode yang digunakan dengn menggunakan wawancara, dokumentasi, dan masukan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan tingkat Provinsi, pengumpulan data dengan instrument EDS.

            Hasil penelitian dalam EDS hendaknya menggunakan (1) model pengembangan diri sekolah yang praktis, mengacu pada stnadar penilaian nasional, (2) Hasil EDS dapat dipergunakan sebagai dasar penyusunan RAPBS, pengambil kebijaksanaan dalam perencanaan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dan Pemerintah Daerah, (3) pelaksanaan EDS melibatkan Stakeholder Sekolah, Dinas Vertikal , dan Horisontal, (4) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota hendaknya membuat anggaran dana untuk sosialisasi EDS, waktu pelaksanaan EDS diatur yang baik jangan bertumbukan dengan kegiatan sekolah, dan model pengembangan EDS berdasar model yang fleksibel, sistematis, dapat mudah diterapkan.

Kata kunci : Model Evaluasi Diri, Instrumen, Sosialisasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

    

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats