UPAYA MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA KELOMPOK B TK TUNAS BHAKTI DAMAR BANYUMANIK SEMARANG
Munawaroh ., M. Kristanto, Anita Chandra D.S.
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak kelompok B melalui media big book di TK Tunas Bhakti Damar yang dilaksanakan pada semester I. dilaksanakan pada bulan November 2017 pada TK Tunas Bhakti Damar Banyumanik. Subyek penelitian ini anak kelompok B TK Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang yang berjumlah 15 anakyaitu 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui media big book dengan tujuan kemampuan bahasa ekspresif anak menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing- msing siklus terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian melalui kegiatan bercerita menggunakan media big bookmenunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dpiperoleh hasil peningkatan bahasa ekspresif anak yaitu 60% pada siklus I dan 87% pada siklus II ( Indikator kinerja tercapai). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa bahasa ekspresif anak dapat ditingkatkan melalui media big book pada kelompok B TK Tunas Bhakti Damar Bnayumanik Semarang. Saran yang peneliti berikan sebaiknya guru menggunakan media yang menarik untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak, bagi sekolah menyediakan fasilitas yang mendukung untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.
ABSTRACT
The purpose of this study is to improve the expressive language of group B children through the big book media in Tunas Bhakti Damar Kindergarten conducted in the first semester. It was held in November 2017 at Tunas Bhakti Damar Banyumanik Kindergarten. The subjects of this study were children of B TK Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang group of 15 children, 7 boys and 8 girls. The focus in this study is to improve the expressive language of children aged 5-6 years through the big book media with the aim of the child's expressive language skills to be better. This research uses classroom action research conducted in two cycles where each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. Methods of data collection using observation, documentation. Technique of data analysis of research through activity of storytelling using big book media showed positive and significant influence to child's expressive language ability. The study was conducted in two cycles dpiperoleh results of improvement of child expressive language that is 60% in the cycle I and 87% in cycle II (performance indicators achieved). Based on the research can be concluded that the expressive language of children can be improved through the big book media in group B TK Tunas Bhakti Damar Bnayumanik Semarang. Suggestions that the researcher should give the teacher to use an interesting medium to improve the child's expressive language, for schools to provide supportive facilities to improve the child's expressive language.