PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK TK DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN TRITUNGGAL SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Agnisella Kezia Sumbogo, Purwadi Purwadi, Anita Chandra Dewi Sagala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku agresif pada anak TK di Taman Kanak-Kanak Kristen Tritunggal Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam metode quasi experimental design dengan desain the non ekuivalen, pretest-posttes design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penggunaan metode bermain peran memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan perilaku agresif anak kelas TK B TK Kristen Tritunggal Semarang, dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan empat indicator perilaku agresif anak. Hal ini terbukti dengan hasil analisis pengaruh menggunakan perhitungan uji t yang dilakukan selama proses penelitian, diperoleh thitung = 31,4029 > ttabel = 1,701 dengan rata-rata terhadap perilaku agresif pada anak memberikan pengaruh positif, yaitu terjadi penurunan terhadap perilaku agresif anak.

Kata kunci : Metode Bermain Peran, Perilaku Agresif

 

Abstrack

This study aims to identify the effect of role playing methods on aggressive behavior in kindergarten children in the Trinitarian Christian Kindergarten Semarang. This type of research is quantitative research in quasi-experimental design method with the non-equivalent design, pretest-posttes design. This research uses simple random sampling technique. Data collection techniques in this study use observation and documentation. The use of role playing method has a significant influence in reducing the aggressive behavior of kindergarten children in Trinitarian Christian Kindergarten Semarang class, with the implementation of learning activities based on four indicators of children's aggressive behavior. This is evidenced by the results of the analysis of the influence using the calculation of the t test conducted during the research process, obtained t count = 31.4029> t table = 1.701 with an average of aggressive behavior in children has a positive influence, namely a decrease in aggressive behavior of children.

Keywords: Role Playing Method, Aggressive Behavior

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Indexed by:

   


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Purwadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: (024) 8316377 Fax. (024) 8448217
Email: paudia@upgris.ac.id

View Jurnal PAUDIA Stats