Perkembangan Menulis Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 Di TK Darussalam 02

Nabilla Ayu Sekar Prashanti, Ruli Hafidah

Abstract


Abstract

This article was made to find out how the development of early childhood writing in TK Darussalam 02 in class A during the Covid-19 pandemic. Looking at some of the advantages and disadvantages of online learning that requires the teacher to do one of the learning methods or strategies, namely a home visit to provide a learning process for children with the hope that children's development can increase according to the predetermined indicators of achievement of children's writing development. Indicators of success during one week the teacher visited eight children home visit so as to produce development data, namely children have an average development with the achievement of developing according to expectations (BSH). Writing articles was made with the aim of seeing that during the Covid-19 pandemic the development of children's writing skills could increase with the predetermined application of TK Darussalam 02.

Keywords: early childhood, writing, development, Covid-19


Abstrak

Artikel ini dibuat untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan pengembangan kemampuan menulis anak usia dini di TK Darussalam 02 pada kelas A di masa pandemi Covid-19. Melihat beberapa kelebihan dan kekurangan selama pembelajaran daring yang mengharuskan guru melakukan salah satu metode atau strategi pembelajaran yaitu kunjungan home visit untuk memberikan proses pembelajaran terhadap anak dengan harapan perkembangan anak dapat meningkat sesuai indikator-indikator pencapaian perkembangan menulis anak yang telah ditentukan. Indikator keberhasilan selama satu minggu guru melakukan kunjungan home visit terhadap delapan orang anak sehingga menghasilkan data perkembangan yaitu anak-anak memiliki rata-rata perkembangan dengan pencapaian berkembang sesuai harapan (BSH). Penulisan artikel dibuat dengan tujuan untuk melihat bahwa di masa pandemi Covid-19 ini perkembangan kemampuan menulis anak dapat meningkat dengan penerapan yang telah ditentukan dari TK Darussalam 02 tersebut.

Kata kunci: Anak usia dini, Usia 4-5 tahun, Menulis, Perkembangan, Covid-19


Keywords


Anak usia dini, Usia 4-5 tahun, Menulis, Perkembangan, Covid-19

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Aisy, A. R. and Adzani, H. N. (2019) ‘Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama’, Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), pp. 141–148. doi: 10.21831/jpa.v8i2.28813.

Anggalia Asri, K. M., 2014. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN MUCA (MOVING MOUTH PUPPET ) PADA KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 01 SEMARANG. PAUDIA, 3(2), pp. 133-159.

Khotijah (2016) ‘Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini’, Elementary, Vol. 2(Pengembangan Bahasa), pp. 35–44.

Mantika, V., 2012. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR IKLAN TELEPON SELULER PADA SISWA KELAS XE SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Journal UNY, Volume 66, pp. 37-39.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand