Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Shalat Melalui Gambar Seri Pada Peserta Didik Ra A 2020/2021 Miftahul Ulum Ngemplak
Muthiatul Khoiroh, Dwi Prasetiyawati, Mila Karmila
Abstract
Abstract
Learning to pray at RA Miftahul Ulum Ngemplak is taught not so optimally. This can be seen from the movement of students there is still something wrong when asked to practice prayer. The mistakes made by students vary from the position of the hands during takbiratul ihram, the position of the feet during prostration, and errors in the sequence of prayer movements. In addition, when learning prayer, students tend to be less interested. The lack of stimulation that has not been able to attract the attention of students has resulted in reduced motivation to learn to pray. The purpose of this study is to improve students' prayer learning skills through serial image media at RA Miftahul Ulum Ngemplak for the 2020/2021 academic year. The research method used is classroom action research (CAR). This research was conducted in an odd semester starting from October 12, 2020 to October 28, 2020. The subjects of this study were the RA group, which consisted of 20 children consisting of 12 boys and 8 girls.
Keywords: Early Childhood, Learning to pray, picture series.
Abstrak
Pembelajaran shalat di RA Miftahul Ulum Ngemplak diajarkan belum begitu maksimal. Hal ini terlihat dari gerakan peserta didik masih ada yang salah ketika diminta untuk praktek shalat. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik bermacam-macam mulai dari posisi tangan saat takbiratul ihram, posisi kaki saat sujud, dan kesalahan urutan gerakan shalat.Selain itu ketika pembelajaran shalat peserta didik cenderung kurang begitu tertarik. Kurangnya rangsangan yang belum bisa menarik perhatian peserta didik mengakibatkan motivasi untuk belajar shalatpun juga berkurang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan belajar sholat peserta didik melalui media gambar seri di RA Miftahul Ulum Ngemplak tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal yang dimulai dari tanggal 12 Oktober 2020 sampai 28 Oktober 2020. Subyek penelitian ini adalah kelompok RA yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Belajar shalat, gambar seri.
Keywords
Anak usia dini, kemampuan belajar shalat, gambar seri
Kristanto, dkk. 2015. IBM Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Bagi Pendidik Dan Orangtua Pos PAUD Di Kelurahan Gajah Mungkur Semarang. Seminar Nasional Hasil Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Universitas PGRI Semarang.
Mujiburrahman. 2016. Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak dalam Islam. Aceh: Jurnal MUDARRISUNA UIN Ar-Raniry. Volume 6. No.2
Sartina dan Ibrahim, Husain. 2018. Meningkatkan Pengenalan Ibadah Shalat Anak Melalui Media Gambar Gerakan Shalat Dikelompok B, TK Wulele Sanggula II Kampus Baru UHO Kota Kendari. Kendari: Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Volume 1. No.2
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (MIXED METHODS). Bandung: Alfabeta CV.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA
Uhbiyati, Nur. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki
Yuliana, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Praktek Shalat Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Universitas Tanjungpura. Volume 3. No. 10Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Physical Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.