Upaya Meningkatkan Daya Kreativitas Menggunakan Media Loose Part Pada Kelompok B Di RA As-Syuhada Tlogosari Kulon Semarang
Abstract
Abstract
The The method in this study is a qualitative method of classroom action (CAR). This research was conducted in the Odd semester for 6 meetings in 6 weeks starting from November 4 to December 9, 2020. The subjects of the study were children from the RA B group, totaling 25 children consisting of 14 boys and 11 girls. The research procedure used classroom action research which consisted of 2 cycles. Each cycle consists of four stages, namely 1) planning, 2) taking action, 3) observing actions, 4) reflecting on the results of observing actions, each cycle is carried out 3 times. The data collected in the study were analyzed by qualitative descriptive techniques. The results showed that creativity in building can be increased by using loose part media. This is evidenced by the increasing number of children who have the power to build creativity in every meeting, both in cycle I and cycle II. At the beginning of the action there were 3 children or 12% who had constructive creativity with a very good development assessment. While at the end of the action 20 children or 80% who have shown constructive creativity with the criteria of developing very well. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the power of creativity in building group B in RA As-Syuhada, Pedurungan sub-district, Semarang in the 2020/2021 academic year can be increased by using loosepart media.
Keywords: Early Childhood, Creativity Building, Loosepart Media.
Abstrak
Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 6 pertemuan dalam 6 minggu yang dimulai dari tanggal 4 November sampai 9 Desember 2020. Subyek penelitian adalah anak kelompok RA B yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas membangun dapat ditingkatkan dengan menggunkan media loose part. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai daya kreativitas membangun dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 12% yang mempunyai kreativitas membangun dengan penilaian berkembang sangat baik. Sedangkan akhir tindakan 20 anak atau 80% yang sudah menunjukkan kreativitas membangun dengan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa daya kreativitas membangun kelompok B di RA As-Syuhada kecamatan pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan dengan menggunakan media loosepart
Kata kunci: Anak Usia Dini, Kreativitas Membangun, Media Loosepart.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asfandiyar, Andi Yudha. 2012. Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta : Kanisius
Asmawati, Luluk. 2014.Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Bachtiar, Muhammad Yusri. 2016. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Bergambar Studi Kasus pada TK Tunas Harapan di Bulukmba. Jurnal Publikasi Pendidikan Vol VI. http:ojs.unm.ac.id/index.php/pub pend. Diunduh pada tanggal 06 April 2019.
Chasey, Theresa & Juliet Robertson . Loose Parts Play . Scotland : Inspiring Scotland is a Company Limited by Guarantee registered.
Fadlillah, Muhammad. 2014. Desain Pembelajaran Paud Tinjuan Teoritik & Praktik, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : PT Rineka Cipta
Nurhayati. 2011. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini dengan Bereksplorasi Melalui Koran Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Pesona PAUD Vol 1. http://ejournal.undiksha.ac.id. Diunduh pada tanggal 06 April 2019.
Puspitarini, Diah Anies. 2017. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Clay di Kelas A TK Budi Rahayu Dukuh Ketapang Kecamatan Wedung Demak. Semarang : Universitas PGRI Semarang (tidak diterbitkan).
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya . Jakarta : Kencana Prenada Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
TIM FIP. 2015. Pedoman Bimbingan Penulisan Skripsi dan Ujian Skripsi Serta Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats