PAUD: Pengembangan Media Bambu Aroma Berbantuan Kartu Gambar pada Kemampuan Indra Penciuman Anak

Ifa aritia sandra, Nailul Mubarokah

Abstract


Abstract

Creating a media of study that can be used to make it easier to teach children their sense of smell by using bamboo media and picture cards is the aim of this research. The research method from Borg and Gall is used here, the research succeeds in summarizing the results of this research method including media validation tests in the teaching and learning process, as well as improving children's abilities in the ability to sense smell. Validator I got a score of 4.60 (no revision, valid), and validator II got a score of 4.51 (not revised, valid). Aroma bamboo media is expected to be a way out in adding the creativity of educators which is packaged attractively for early childhood. The problem with the use of aroma bamboo media is that it requires more than one bamboo, because it reduces the mixing of one aroma with another. It is also advisable to use bamboo that is completely dry to avoid the smell of bamboo with the aroma that will be introduced to the child.

Keywords: Bottle media, sense of smell, and Early Childhood 

Abstrak

Menciptakan media pengkajian yang dapat digunakan buat memudahkan mengajarkan kemampuan indra penciuman anak dengan menggunakan media bambu dan kartu bergambar merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian dari Borg and Gall digunakan disini, penelitian berhasil merangkum hasil dari metode penelitian ini diantaranya uji validasi media dalam proses belajar mengajar, serta meningkatkan kemampuan anak dalam kemampuan indra penciuman. Validator I mendapat skor 4,60 (tidak ada revisi, valid), dan validator II mendapat skor 4,51 (tidak revisi, sah). Media bambu aroma diharapkan dapat menjadi jalan keluar dalam menambahkan kreativitas pendidik yang dikemas menarik untuk anak usia dini. Kendala dengan penggunaan media bambu aroma yaitu membutuhkan bambu yang lebih dari satu, dikarenakan untuk mengurangi pencampuran aroma satu dengan yang lainnya. Dianjurkan pula dengan penggunaan bambu yang benar-benar kering untuk menghindari aroma bambu dengan aroma yang akan diperkenalkan ke anak

kata kunci: Media botol, Indra penciuman, Anak Usia Dini


Keywords


Media botol, Indra penciuman, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Anderson, A. (2021). Advancing School Professionals’ Dyslexia Knowledge Through Neuroscience: Bridging The Science-Education Gap Through Developmental Psychology. Frontiers In Education, 5, 316

Aryanto, D. (N.D.). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Mapel Gambar Teknik Manufaktur. Nozel Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2), 69–83. https://doi.org/10.20961/nozel.v3i2.53360

Ebner, R. (2021). Psyc 1107 Developmental Psychology: Lifespan

Ekayati, I. A. S., & Efendi, D. I. (2018). Profil Prakonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Pengenalan Warna Pada Anak Usia Dini. Prosiding Snasppm, 3(1), 96–99

Ekayati, I. A. S., & Efendi, D. I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Modified Inquiry Pada Konsep Pengenalan Warna Anak Usia Dini. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 1–10

Ekayati, I. F. A. A. S., & Fitriani, D. (N.D.). Meningkatkan Keterampilan Sains Dalam Analisis Beragam Rasa Melalui Media Bahan Alam.

Gomo, A. T. N. (2021). Healthy Food & 25 Ideas Of Healthy Cooking. Deepublish.

Insani, S., & Ray, D. (N.D.). Pengaruh Kegiatan Kolase Ampas Kelapa Berwarna Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina I Binjai. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(2), 19–23.

"> Ma, M.-Y., Wei, C.-C., & Lin, Y.-C. (2014). An Attractiveness Evaluation Of Picture Books Based On Children’s Perspectives. Umap Workshops, 87–92

">Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10

Predikasari, P., & Ekayati, I. S. A. (2021). Desain Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Tekstur Anak Usia Dini. Prosiding Snasppm, 6(1), 667–670

Rahayu, Y. T., Meilani, S. M., & Hapidin, H. (2019). The Effectiveness Of Mathematics Learning Outcomes Through Smart Pocket Card Media (Picture Card And Number Card) In The Aba 15 Kindergarten. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 8(2), 55–61. https://doi.org/10.15294/ijeces.v8i2.34235

Rahmawati, D. I., & Rukiyati, R. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media To Improve Cognitive Ability Of Children Aged 4-5 Years. 4th International Conference On Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research And Education Talks (Secret 2018). https://dx.doi.org/10.2991/secret-18.2018.10

Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., Faisal, M., Tjiptadi, D. D., Sisca, S., & Anggusti, M. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen Dan Loyalitas. Yayasan Kita Menulis.

Sopiah, C. (2021). The Influence Of Parenting Style, Achievement Motivation And Self-Regulation On Academic Achievement. Turkish Journal Of Computer And Mathematics Education (Turcomat), 12(10), 1730–1742. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i10.4635

Tavoulari, A., Zeza, M., Katsoulis, P., Zafeira, D., & Skaltsouni, A. (N.D.). The Use Of Smell And Taste As An Alternative Perspective For Teaching The Blind And Deaf Blind Students

Utomo, A. W. B., & Wahyudi, A. N. (2021). Media Pembelajaran Sport Massage Untuk Mahasiswa, A Research And Development Study. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 108–113. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.206

Veronika, F. (2021). Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Microsoft Sway Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Pengembangan Pada Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 147–156. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18378

Zulaichah, A. (2013). Penerapan Bermain Botol Aroma Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Jenis Buah Berdasarkan Aroma Pada Anak Kelompok A Tk Tunas Buana Surabaya. Paud Teratai, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 856-5934-6921

View Jurnal PAUDIA Stats