Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Abstract
The ability to observe, express opinions, analyze, solve problems and conclude is the ability to think critically in children. The aim of this research is to determine the effect of the steam approach on the critical thinking abilities of children aged 5-6 years at Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan Kindergarten. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. The research population was all children in the Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan Kindergarten. The sampling technique in the research was purposive sampling with a sample size of 30 people, namely 15 children in group B2 as the experimental class and 15 children in group B4 as the control class. Data collection techniques through structured observation. Data analysis techniques use normality, homogeneity and hypothesis tests. Based on data analysis, the average pre-test results for the experimental class and control class were 16.13 and 15.60, the average post-test results for the experimental class and control class were 23.60 and 21.53. The results of calculations using the SPSS-assisted t test show that the sig (2-tailed) value is 0.014 < 0.05. Thus, it can be concluded that the STEAM approach influences the critical thinking abilities of children aged 5-6 years at the Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan Kindergarten. It is hoped that this research will bring benefits to inspire the implementation of learning in accordance with the challenges of 21 st century education.
Keywords: STEAM Approach; Critical Thinking Skillls; Early Childhood
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis penting di asah sejak usia dini, karena dapat membantu dalam memperluas pengetahuan anak. Kemampuan untuk mengamati, mengemukakan pendapat, menganalisis, memecahkan masalah dan menyimpulkan adalah kemampuan berpikir kritis pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sample pada penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 30 orang yaitu 15 orang anak di kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan 15 orang anak di kelompok B4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi terstruktur. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan analisis data hasil rata-rata Pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 16,13 dan 15,60, rata-rata Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 23,60 dan 21,53. Hasil perhitungan menggunakan uji t berbantuan SPSS diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0.014 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan STEAM berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat untuk meginspirasi pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tantangan pendidikan abad 21.
Kata kunci: Pendekatan STEAM; Kemampuan Berpikir Kritis; Anak Usia Dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreani, C. 2015. Peningkatan Kemampuan berfikir kritis melalui metode eksperimen berbasis lingkungan. Jurnal pendidikan Anak UsiaDini, 9(2),343-360.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
Elnnis, R. H. 2011. Thel Natulrel of Critical Thingking. In Sixth Intelrnational Confelrelncel on Thingking, Cambridgel, MA (pp. 1-8)
Eliza, I. & D. (2022). Pengembangan Video Interaktif Sains Untuk Meningkatkan. 11(1), 37–40.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (8th ed.). Universitas Diponegoro.
Hazizah, N. (2018). The Importance of Playing for Developing Intelligence in Early Childhood. 169(Icece 2017), 213–215.
History, A. (2018). No Title. 1(Snpd), 742–750.
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278.
Natalina M., D. (2018). Melnulmbulhkan Pelrilakul Belrpikir Kritis Seljak Anak Ulsia Dini. Cakrawala Dini: Julrnal Pelndidikan Anak Ulsia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508
Novitasari, N. (2022). abad ke 21 . Keterampilan disiplin ilmu STEAM yang dikenal dengan bagaimana penyesuaian. 6(1), 69–82.
Pramelswari, S. W., Sulharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Incullcatel critical thinking skills in primary schools. In Social, Hulmanitiels, and Eldulcational Stuldiels (SHEls): Confelrelncel Selriels (Vol. 1, No. 1).
Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. 9(1).
Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1-10.
Siantajani, Yuliati. (2020). Konsep dan Praktek STEAM di PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.
Skinner, A. L., Editor, G., Skinner, A. L., Raylins, L. A. R., & Sanders, M. (2011). Critical Thinking and Disability in Higher Education. SPIRING, 26(1).
Sulgiyono. 2014. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan Pelndelkatan Kulantitatif, Kulalitatif Dan R & D. Bandulng: Alfabelta.
Wulandari, Novia Triani,. dkk. (2020). Analisis Unsur Art Pada Pembelajaran Steam Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru, Volume. 1, Nomer. 3, Juli 2020.
Yaswinda, Y., & Yufiarti, Y. (2022). The Effect of Science Learning Model Based on Multisensory-Ecology to Social Emotional Children in Kindergarten. 668, 266–269.
Yulnita, H., & Melilaniel, S. M. (2019). Julrnal Obselsi : Julrnal Pelndidikan Anak Ulsia Dini Melningkatkan Kelmampulan Belrpikir Kritis mellaluli Pelndelkatan Saintifik. 3(2), 425–432. https://doi.org/10.31004/obselsi.v3i2.228
Zephanya, V., Latiana, L., & Formen, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM Dan Pemberdayaan Keluarga.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dini Anggriani, Delfi Eliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats