Pengaruh Layanan Bermain Bersama Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong
Abstract
Abstract
This study aims to evaluate the program of group play together at Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong on the socio-emotional development of children. Social and emotional aspects have an important role in determining the quality of life. The main focus of the study was on the implementation of stimulation provided in the KBB program with the aim of improving child development. This study used the method of pre-experiment with design one group pre-test post-test. Data were obtained from a sample of 30 participants. Data were collected through tests and analyzed using Paired T-Tests. The results showed that before receiving the treatment (pre-test) the average value of children's social emotional development was 56.83 and after the treatment (post-test), the value increased to 62.73. Statistical analysis with T-test showed Sig 0.011 < 0.05 which means H0 rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant increase in the social emotional development of children before and after participating in the play group service program at Rumah Anak SIGAP, Koroncong District. This discovery has important implications in the design of similar educational programs in strengthening the development of children in the early stages of their lives.
Keywords: Child Development; Social Emotional; SIGAP Children's Home
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi program layanan Bermain Bersama di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Dalam konteks perkembangan anak, aspek sosial dan emosional memiliki peran penting dalam menentukan kualitas hidup anak. Fokus utama penelitian adalah pada implementasi stimulasi dalam program KBB dengan tujuan meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan design One Group Pre-test Post-test. Data diperoleh dari sampel yang berjumlah 30 partisipan. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan Paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerima perlakuan berupa stimulasi dalam program layanan kelompok bermain bersama (pre-test) nilai rata-rata perkembangan sosial emosional anak adalah sebesar 56,83 dan setelah pemberian perlakuan (post-test), nilai tersebut meningkat menjadi sebesar 62,73. Analisis statistik dengan uji-t menunjukkan Sig 0,011 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam perkembangan sosial emosional anak sebelum dan sesudah mengikuti program layanan bermain bersama di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. Penemuan ini memiliki implikasi penting dalam perancangan program pendidikan serupa dalam memperkuat perkembangan anak pada tahap awal kehidupan mereka.
Kata kunci: Bermain Bersama; Sosial Emosional; Rumah Anak SIGAP
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., L, W., Angelianawati, Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarwata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., Ikhram, F., Andriani, A. D., Ratnadewi, & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (N. P. Gatriyani & N. Mayasari (eds.); Cetakan Pe). CV. Tohar Media.
Andayani, S. (2021). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 230–238. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
Bahfen, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Logico. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.4899
Damayanti, E., Nurhasanah, Nurafia, & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9224
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 04(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Duha, R., & Widiastuti, A. A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELOMPOK BERMAIN. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 34(01), 77–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p77-87
Gustiana, A. D., Yulindrasari, H., Agustin, M., & Setiasih, O. (2020). Burnout in a cheerful environment: Student stress survey in early childhood teacher education program, Universitas Pendidikan Indonesia. In Borderless Education as a Challenge in the 5.0 Society (pp. 62–66).
Harahap, S. N. H., Delvia, E., Zahra, S., Nur Amalina, M., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Perminan Petak Umpet dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 255–260. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1958
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Hewi, L. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Dadu di RA An-Nur Kota Kendari. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5918
Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Karisma, W. T., DH, D. P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102. https://doi.org/: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6144
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978
Marlinah, M., & Priyanti, N. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4135–4142. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1525
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool : Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Nurtiani, A. T., & Rahma, M. (2020). Efetivitas Penerapan Metode Proyek Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 TK Tahfizh Anak Bangsa Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.935
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 4(1), 57–64.
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Saptandari, E. W., Febriani, A., & Kisriyani, A. (2022). Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002
Shaleh, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta CV.
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311
Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145–157. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806
Widiastuti, A., Pusari, R. W., & Diyah H, D. P. (2019). Analisis Metode Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 110–117. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.3886
Yenti, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2238
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fadhilah Nur Khalisha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats