Pengaruh Program Rumah Anak Sigap Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kecamatan Koroncong

Izzati Nurvansa Muluk, Asep Deni Gustina

Abstract


Abstract

A period of rapid development occurs when children enter preschool age, which is often referred to as the "golden age". In this period, children have great potential to optimize their abilities in the future, one of which is language skills. This research focuses on the influence of the SIGAP Children's Home program, especially the Joint Play Group (KBB) service, on children's language development in Koroncong District. This research uses an experimental method with a Pre-Experiment research design: One Group Pretest-Posttest Design. Data was collected via questionnaire and analyzed using Paired T-Test. The research sample consisted of 30 parents who had children aged 2-3 years and participated in the SIGAP Children's Home program in Koroncong District. The research results showed that the average score before providing KBB services (pre-test) was 21.63, while after providing services (post-test) it increased to 29.57. The t-test results show that sig 0.000 < 0.5. Which indicates that the Alternative hypothesis (Ha) is accepted and the Null Hypothesis (Ho) is rejected. Thus, it can be concluded that the SIGAP Children's Home program in Koroncong District significantly improves children's language development. The findings from this research could be an alternative for parents or caregivers as an effort to improve children's language development.

Keywords: Language Development; Early childhood; SIGAP Children's Home

Abstrak

Masa perkembangan yang cepat terjadi saat anak memasuki usia prasekolah, yang sering disebut sebagai “masa emas” (golden age). Pada periode ini, anak memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan kemampuannya di masa depan salah satunya kemampuan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari program Rumah Anak SIGAP, terutama layanan Kelompok Bermain Bersama (KBB), terhadap perkembangan bahasa anak di Kecamatan Koroncong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain penelitian Pre-Eksperimen: One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan nelalui angket dan dianalisis menggunakan Paired T-Test. Sampel penelitian terdiri dari 30 orang tua yang memiliki anak usia 2-3 tahun dan mengikuti program Rumah Anak SIGAP di Kecamatan Koroncong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai sebelum pemberian layanan KBB (pre-test) adalah 21,63, sedangkan setelah pemberian layanan (post-test) meningkat menjadi 29,57. Hasil uji-t menunjukkan bahwa sig 0,000 < 0,5. Yang mengindikasikan bahwa hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program Rumah Anak SIGAP di Kecamatan Koroncong secara signifikan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Temuan dari penelitian ini bisa menjadi alternatif untuk orang tua atau pengasuh sebagai upaya dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak.

Kata kunci: Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini; Rumah Anak SIGAP


Keywords


Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini; Rumah Anak SIGAP

Full Text:

PDF

References


Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Amalia, N., & Ibrahim, N. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Peningkatan kapasitas Guru PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.54099/jpma.v2i1.508

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73.

Deni, A., Rahman, G., Studi, P., Anak, P., & Dini, U. (2021). Studi Meta-Analisis Circuit Learning Model Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(02), 89–100. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia

Failashofa, M., & Nur Fitria, A. (2022). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Di Paud Islam Makarima Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 473–490. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11699

Gustiana, A. D., Rahman, R., Hartati, T., & Supriatna, N. (2023a). Improving Student’S Reading Interest Through the Jigsaw Cooperative Learning Model in Elementary School. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 181–200. https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i1.11867

Gustiana, A. D., Rahman, R., Hartati, T., & Supriatna, N. (2023b). The Use of Smartphone Assisted Picture Word Inductive Models to Improve Basic Literacy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3713–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4690

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277

Nafiah, Q. N., & Maemonah, M. (2021). Analisis Pembiasaan Berbahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 278–288. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9000

Putra, A. Y., Yudiemawat, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Asparaga Malang. Nursing News, 3(1), 563–571. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.828

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rozi, A. F. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada Djawa Batik Solo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i2.1204

Sari, B. P. (2015). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 10(24), 146–157.

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.

Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778

Susanty, A., Anandita, A. C., Muzayana, Y. A., & K, R. A. (2019). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak usia toddler. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surabaya, 0123128002.

Suwartiningsih, Purwadi, & Pusari, R. W. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B Di Ra Al Muta’allimin Meteseh Tahun Ajaran 2017/2018. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3268

Wati, I., Yusuf, H., & Surahman, S. (2021). Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 228–240. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8532

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Izzati Nurvansa Muluk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand