Penerapan Media Video dalam Pembelajaran Daring Mengidentifikasi Alur dan Konflik dalam Drama Kelas XI di SMA Negeri 1 Tayu Tahun Pelajaran 2020/2021

Monyca Herlyna Yanti, Suyoto Suyoto, Icuk Prayogi

Abstract


The purpose of this study is to describe the process of applying online learning video media to identify plots and conflicts in class XI drama at SMA Negeri 1 Tayu in the 2020/2021 school year. The approach used in this research is a mixture of quantitative and qualitative. The data collection technique used is the face-to-face conversation method. This technique is an indirect conversation, not face to face or cannot be face to face. There are two data collection techniques, namely test and non-test techniques. The test technique is in the form of test questions, non-test techniques are in the form of questionnaires and observations. From the data showed a positive response, the test results that managed to get an average score of 87, the results of the observations were in accordance with the steps and strengthened by Agustiningsih's theory of research entitled the application of video media in online learning to identify plots and conflicts in the drama of SMA Negeri 1 Tayu can be applied as a media that supports online learning.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan proses penerapan media video pembelajaran daring mengidentifikasi alur dan konflik dalam drama kelas XI SMA Negeri 1 Tayu tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah campuran  yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode cakap tansemuka. Teknik ini percakapan secara tidak langsung, tidak tatap muka atau tidak dapat bersemuka. Teknik pengumpalan data ada dua yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal tes, teknik nontes berupa angket dan observasi. Dari data yang diperoleh diketahui respons positif, hasil tes yang berhasil mendapat rata-rata nilai 87, hasil observasi yang sesuai dengan langkah-langkah serta diperkuat teori Agustiningsih penelitian yang berjudul penerapan media video dalam pembelajaran daring mengidentifikasi alur dan konflik dalam drama SMA Negeri 1 Tayu dapat diterapkan sebagai media yang mendukung dalam pembelajaran daring.



Keywords


application; video media; online learning; identifying drama plots and conflicts

Full Text:

PDF

References


Nur. 2014. “Pembelajaran Vokal Grup dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudaryanto. 2015. “Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa”. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang