Penerapan Metode Partisipatori dalam Pembelajaran Menganalisis Nilai Moral Puisi “Baju Bulan” Karya Joko Pinurbo pada Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Comal Pemalang Tahun Pembelajaran 2021/2022
Abstract
The purpose of this study is to describe the application of participatory methods in learning to analyze the moral value of the poem Baju Bulan by Joko Pinurbo in class XI students of SMA Negeri 1 Comal in the academic year 2021/2022. The method used in this research is descriptive qualitative with test and non-test data collection techniques in the form of observation, questionnaires and documentation. There are 5 stages in applying the participatory method, (1) the teacher opens the lesson, (2) the teacher conveys about the material, asks the students' problems, fosters intimacy and does take and give, (3) the teacher gives motivation to the students (4) the teacher provide learning materials to students, (5) The teacher closes the lesson. After the participatory method was applied, the students were more active, curious and enthusiastic about learning, before the participatory method was applied, the average student score was 43 from the KKM 75, after the implementation of the participatory method the average score was 89 from the KKM 75. In addition to the data The test also contains non-test data, the results of student observations after being given the participatory method look more happy to follow the learning and more actively ask about the material, the results of the questionnaire data almost all students understand better how to analyze the “Baju Bulan” poem using the participatory method. Thus, it can be concluded that the application of the Participatory Method can be applied in learning to analyze the moral value of the poem “Baju Bulan” by Joko Pinurbo for class XI students of SMA Negeri 1 Comal Pemalang in the 2021/2022 academic year
ABTRSAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan penerapan metode partisipatori dalam pembelajaran menganalisis nilai moral puisi Baju Bulan karya Joko Pinurbo pada peserta didik kelas XI SMA Bahasa Negeri 1 Comal Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data tes dan nontes yang berupa observasi, angket dan dokumentasi. Terdapat 5 beberapa tahap dalam menerapkan metode partisipatori, (1) Guru membuka pembelajaran, (2) Guru menyampaikan seputar materi, menanyakan kendala peserta didik, membina keakraban dan melakukan take and give, (3) Guru memberikan motivasi pada peserta didik (4) Guru memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik, (5) Guru menutup pembelajaran. Setelah diterapkan metode partisipatori peserta didik lebih aktif, rasa ingin tahu dan antusias belajar yang tinggi, sebelum diterapkan metode partisipatori rata-rata nilai peserta didik 43 dari KKM 75, setelah penerapan metode patisipatori rata-rata nilai peserta didik 89 dari KKM 75. Selain data tes terdapat pula data hasil nontes, hasil observasi peserta didik setelah diberikan metode partisipatori terlihat lebih senang mengikuti pembelajaran dan lebih aktif bertanya mengenai materi, hasil data angket hampir seluruh peserta didik lebih memahami cara menganalisis puisi “Baju Bulan” menggunakan metode partisipatori. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Partisipatori dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis nilai Moral puisi “Baju Bulan” karya Joko Pinurbo pada peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Comal Pemalang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yoyakarta: Deepublish.
Dewi, Gusti Ayu Putu Intan Pradnyani. 2011. “Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Mendoyo”. Skripsi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahayu, Yulia Tri. 2018. “Penerapan Metode Partisipatori Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas Vi Sdn 6 Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017”. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 2 Nomor 2. Halaman 77—86.
Taufik, Rahmat. 2013. “Penerapan Pembelajaran Partisipatif Metode True-False Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 17 Bulukumba”. JPF: Volume 2, Nomor 3. Halaman 68—75.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang