PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BOLA AJAIB DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA N 1 KEDUNGWUNI

Fathul Muzaki

Abstract


Kondisi masih banyak anak muda yang belum memiliki pekerjaan dikarenakan kurangnya informasi terkait karir yang didapatkan. Hasil studi awal dengan Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) pada 323 siswa kelas XI SMA, sejumlah 157 siswa belum mengetahui hubungan bakat, minat dan pekerjaan, 158 siswa belum mengetahui jenis-jenis pekerjaan dan 240 siswa ragu dengan pilihan karirnya. Kurangnya informasi terkait karir menyebabkan siswa mengalami kesulitan dan keraguan da;am menentukan arah karirnya. Kebutuhan informasi siswa dikembangkan berdasarkan SKKPD SMA pada aspek perkembangan wawasan dan kesiapan karir, sebagai upaya preventif permasalahan karir siswa.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media permainan bola ajaib dalam bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall, dengan menggunakan emat tahap yaitu: perencanaan, pengembangan, uji coba dan revisi produk hasil validasi ahli. Intrumen pemgumpulan data menggunakan angket yang di validasi oleh ahli media, ahli materi dan Guru BK. Berdasarkan hasil analisis ahli media sebesar 97,76%, ahli materi96,67% dan guru BK 89,2% dengan kriteria Baik Sekali. Hasil uji coba terbatas mendapatkan skor rata-rata keseluruhan96,2% masuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasrkan pada hasil validasi disimpulkan bahwa media permainan bola ajiab layak digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling kepada siswa SMA.
Peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitioan serupa dengan menambahkan media permainan bola ajaib dalam format yang lebih interaktif. Sehingga proses layanan bimbingan dan konseling menjadi lebih inovatif dan dapat menambah wawasan karir dalam membantu perencanaan karir siswa.

Kata Kunci: Media Permainan Bola Ajaib, Bimbingan Klasikal, Perencanaan Karir


Full Text:

PDF

References


Aini, Nurul. 2023. Pengembangan Media Ensiklopedia Pekerjaan Berbasis Android Untuk Layanan Informasi Karier Siswa Kelas XI SMK NU Kedungtuban. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Semarang.

Ardiansyah, A. (2018). Bimbingan dan Konseling Karir Remaja “Studi Komparasi SMP IT Abu Bakar dan SMP Taman Dewasa Ibu Pawiatan Yogyakarta”. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 09-22.

Bachtiar, I. H., & Rosada, U. D. (2022). Pengembangan Ular Tangga Popoki (Pion–Pion) Karir Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa Sma Negeri 1 Kuningan. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 69-84.

Fauziah, F., Rochani, R., & Handoyo, A. W. (2023). Pengembangan Media Permainan Ludo Bullying Untuk Meningkatkan Pemahaman Bullying Pada Remaja. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 13-33.

Fitriana, S., Mukti, B. K., & Ajie, G. R. (2023, July). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kendal. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (SMAILING) (Vol. 1, No. 1, pp. 169-177).

Mustaji.2005. Pembelajaran Berbasis Kontruktivistik Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Nugroho, R. A. (2024). Bappenas Ungkap Penyebab Banyak Gen Z Nganggur: Salah Jurusan. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20240521074003-4-539932/bappenas-ungkap-penyebab-banyak-gen-z-nganggur-salah-jurusan

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tompo, M. A. (2022). Pengembangan Media Bimbingan Konseling Pop-Up Book Career Sebagai Media Informasi Pengenalan Karir Untuk Siswa Kelas V Di SDN No. 17 Pokobulo. Pinsi Journal of Education. 1(1), 1-20.

UUD RI No. 20. (2023). Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016) Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA. 5(1), 1-16.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i1.20958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 08179503821
Email: [email protected]