Mewujudkan Keluarga Sejahtera dari perspektif Psikologis dan Sosial

Azam Syafrudin, Fadhilah Dwi Pangestu, Misnatul Akrilah, Yuliana Azzahra

Abstract


Keluarga merupakan unit sosial fundamental yang memainkan peran krusial dalam membentuk kesejahteraan individu, baik secara fisik, mental, emosional, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana mewujudkan keluarga sejahtera dari perspektif psikologis dan sosial. Mengacu pada konsep keluarga sejahtera menurut BKKBN, penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi keharmonisan keluarga, termasuk komunikasi yang efektif, pemenuhan kebutuhan emosional, serta pembagian peran yang adil dalam rumah tangga. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif interpretative Phenomenological Analysis (IPA), penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan tiga partisipan untuk memahami pengalaman dan pandangan mereka mengenai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesejahteraan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional, pengelolaan stres, dan hubungan yang saling menghormati menjadi elemen penting dalam menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memahami peran faktor psikologis dan sosial dalam membangun keluarga sejahtera, serta menawarkan wawasan praktis bagi masyarakat dalam mewujudkan kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis.

Kata kunci: Keluarga, Keluarga sejahtera, Keharmonisan Keluarga


Full Text:

PDF

References


Fathoni, A. (2018). Keluarga Sakinah Perspektif Psikologi (Upaya Mencapai Keluarga Sakinah, Mawaddah Wa Rohmah). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 201-209.

Anggreni, N. M. S., & Immanuel, A. S. (2020). Model school well-being sebagai tatanan sekolah sejahtera bagi siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 146-156.

Asmaya, E. (2012). Implementasi agama dalam mewujudkan keluarga sakinah. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1).

Alfaruqy, M. Z., Masykur, A. M., Dewi, K. S., Indrawati, E. S., Sawitri, D. R., Kaloeti, D. V. S., ... & Setyawan, I. (2018). Pemberdayaan keluarga dalam perspektif psikologi.

Astika, R., & Harudu, L. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 8(4), 171-178.

Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan faktor-faktor interaksional dalam perspektif teori sistem keluarga terhadap kesejahteraan keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245-263.

Ulfiah, U. (2021). Konseling keluarga untuk meningkatkan ketahanan keluarga. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 69-86.

Putra, A. (2024). Dampak peran orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Circle Archive, 1(4).

Handayani, A., Yulianti, P. D., & Ardini, S. N. (2018). Membina Keluarga Sejahtera Melalui Penerapan 8 Fungsi Keluarga. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 76-80.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i2.21584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing :

    


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

E-ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
Email: [email protected]