Pengaruh Viral Marketing, Brand Awareness dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal)

Putri Nabilah, Riyanto Riyanto

Abstract


Latarbelakang dalam studi adalah kejadian fluktuasi penjualan yang dialami oleh Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal dalam tiga tahun terakhir. Pada periode 2021-2022 penjualan Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal mengalami penurunan senilai 0,59%. Namun berbedan dengan periode sebelumnya, pada periode 2022-2023 volume penjualan mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 20,51%. Studi ini untuk mengidentifikasi dampak Viral Marketing, Brand Awareness, dan Lokasi pada proses keputusan pembelian Barbarian Kerang Mejasem Kabupaten Tegal.

Studi ini memakai jenis penelitian kuantitatif. Mengambil data dalam penelitian memakai metode survei dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, survei dilaksanakan menyebarkan  kuesioner untuk mengumpulkan informasi mengenai viral marketing, brand awareness, dan dampak lokasi pada proses mengambil keputusan pembelian konsumen. Dan dokumentasi pada penelitian ini dipakai untuk mengumpulkan data berupa foto atau gambar responden dalam mengisi kuesioner untuk mendapatkan bukti bahwa konsumen atau pelanggan Barbarian Kerang menjadi responden sudah mengisi kuesioner yang disediakan oleh peneliti. Teknik yang dipakai untuk pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan melalui kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang terpilih secara acak dari populasi konsumen Barbarian Mejasem Kabupaten Tegal. Pemilihan responden memakai Teknik mengambil sampel insidental sampling. Analisis data dilaksanakan dengan memakai regresi linier berganda yang dilengkapi dengan uji asumsi klasik, uji t dan uji F. Dari hasil analisis, diketahui bahwa viral marketing (X1), brand awareness (X2) dan lokasi (X3) memiliki dampak signifikan positif pada proses Keputusan pembelian (Y), secara bersamaan.


Full Text:

PDF

References


As’ad, M. S. (2020). Analisis Dampak Viral Marketing, dan Brand Awareness Pada Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Ngikan Tebet (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran (A. Maulana (ed.)). Erlangga.

Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, R. E. (2016). Dampak Brand Awareness Dan Brand Image Pada. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.

Karisma, N., & Hanifah, R. N. (2023). Dampak Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awerness pada Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Karawang. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 608. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.830

Maulani, N. (2023). Citra Merk Kualitas Pelayananan Lokasi Keputusan Pembelian. November, 1436–1445.

Haningputri, C. W. (2020). Dampak Produk, Harga dan Lokasi pada Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Tradisional Anyar Kota Bogor Selama Pandemi Covid-19. In Eprints.Walisongo.Ac.Id (Vol. 1, Issue 69). https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15171/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15171/1/1705026159_Clarisna Widya HP_Full Skripsi - Clarisna Widya.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis: untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi (Ed. 1). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Ed. 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.