Hubungan Permainan Gobak Sodor Pada Sikap Kerjasama di SD N Pondokrejo

Langgeng Dimas Setiawan, Bertika Kusuma Prastiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap kerjasama di antara siswa SD N Pondokrejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, khususnya dalam pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tersebut. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi penelitian mencakup semua siswa di SD N Pondokrejo, sedangkan sampel terdiri dari 28 siswa kelas IV dan V yang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing 14 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dan data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner, serta pretest-posttest. Berdasarkan uji linieritas, nilai signifikansi sebesar 0,003 menunjukkan bahwasanya data berdistribusi linier, karena lebih kecil dari 0,05. Pada uji korelasi, nilai signifikansi 0,002 juga lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan adanya hubungan antara variabel X dan Y. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasanya Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan antara permainan tradisional gobak sodor dan sikap kerjasama dalam pembelajaran PJOK pada siswa SD N Pondokrejo. Disarankan bagi guru untuk menggunakan alat sederhana dalam menerapkan permainan tradisional seperti gobak sodor selama kegiatan pembelajaran, mengingat keterbatasan alat olahraga. Hal ini dapat meningkatkan sikap kerjasama siswa dan memperkuat interaksi sosial di antara mereka. Bagi siswa Siswa diharapkan untuk aktif berpartisipasi dalam permainan tradisional, seperti gobak sodor, untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan komunikasi dengan teman-teman. Untuk Peneliti selanjutnya disarankan agar penelitian ini diperluas dengan melibatkan lebih banyak siswa dari berbagai sekolah untuk memperoleh data yang lebih representatif. Penelitian selanjutnya juga dapat mengeksplorasi metode pengajaran berbeda dalam penerapan permainan gobak sodor dan dampaknya terhadap aspek sosial dan emosional siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Ningsih, Y. R. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871-4880.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi permainan tradisional untuk pengembangan kreativitas anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 298-309.

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat permainan tradisional engklek dalam aspek motorik kasar anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349-354.

JASMANI, S. K. S. P. P., & DAN, O. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 03 Tahun 2021.

Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Swadesi, I. K. I. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. Jurnal Penjakora, 8(2), 151-158.

JASMANI, S. K. S. P. P., & DAN, O. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 03 Tahun 2021.

Kustria, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan peserta didik SMA/SMK di Kecamatan Rendang di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173-184.

Kusumadinata, A. A., Adelia, A., Trihidayani, F., Islmaniati, D. R., Laila, H. N. A., Yusuf, I. M., & Salafy, R. R. T. (2023). Permainan Tradisional Anak Dalam Mengisi Kegiatan KKN Tematik. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 333-339.

Maulana, A., Nazarullail, F., & Adhani, D. N. (2021). Peran Guru Terkait Tentang Permainan Tradisional Berbasis Aplikasi di Satuan PAUD di Era New Normal. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), 2(2), 67-72.

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178.

Mugni, H. A., & Hidayat, S. PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALAM SUKAHAJI KABUPATEN CIAMIS. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 216-231.

Wahyu, A., & Rukiyati, R. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109-120.

Mugni, H. A., & Hidayat, S. PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALAM SUKAHAJI KABUPATEN CIAMIS. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 216-231.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 1-9.

Susanti, S., Muslihin, H. Y., & Surmadi, S. (2022). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 77-84.

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan daring selama pandemi covid-19 mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).

Sahabuddin, S. (2020). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Motor Ability Dan Hasil Belajar Pada Siswa SD Negeri Di Kabupaten Pinrang. Journal Coaching Education Sport, 1(1), 35-48.

Susanti, S., Muslihin, H. Y., & Surmadi, S. (2022). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 77-84.

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal PJOK, 1(2), 64-73.

Widowati, K., Ayuningtyas, F., Fauziyah, A. Z., Handayani, D., Gusti, K. N. K., Amaratunnisa, L. N., & Himmatul'Aaliyyah, M. (2023). Permainan Tradisional Perepet Jengkol Dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 303-308.

Yoga Brata Susena, Y., Danang Ari Santoso, D., & Puji Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport permainan tradisional gobak sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 450-462.Wahyu, A., & Rukiyati, R. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109-120


Refbacks

  • There are currently no refbacks.