TINGKAT PHYSICAL LITERACY (LITERASI FISIK) ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA SEMARANG
Abstract
Pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi berbagai tantangan ,salah satunya adalah minimnya akses pendidikan bagi Anak kebutuhan khusus .Hal ini berakibat pada rendahnya Tingkat literasi fisik pada anak kebutuhan khusus (ABK) . Literasi fisik merupakan kemampuan individu untuk bergerak secara efisien dan efektif dalam berbagai aktivitas fisik Tujuan dari penelitian tersebut untuk mnegidentifikasi tingkat literasi fisik yang dimiliki ABK di semarang, mengidentifikasi kendala yang dihadapi sekolah menumbuhkan literasi fisik pada ABK, Dan menganalisis strategi untuk mengatasi kendala dalam implementasi Gerakan literasi fisik di sekolah dalam Pendidikan inklusif. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode pengumpulan data secara random sampling. melalui intrumen berupa koesioner (play tools,play fun,dan play inventory ) untuk mengukur Tingkat literasi fisik ABK dan menggunakan wawancara terhadap responden untuk informasi mendalam tentang kendala dan strategi dalam implementasi Gerakan literasi fisik.Hasil penelitian terkait pyhsical literacy anak kebutuhan khusus di kota semarang menunjukan bahwa Tingkat literasi fisik ABK di Semarang tergolong katagori sedang pada Tingkat SD 33(40%),SMP Sedang 37(29%),dan SMA Rendah 10(50%) pada tes play self, Tingkat literasi fisik ABK di semarang tergolong sedang pada katagori SD 28(34%), SMP 56(44%), dan SMA sedang 9(45%) pada tes paly tools , dan berdasarkan tes inventory pengetahuan dan pemahaman ABK tentang literasi jasmani masih perlu dikembangkan. Sekolah menghadapi berbagai kendala menumbuhkan literasi fisik pada ABK Seperti kurangnya sumber daya manusia,infrastruktur yang tidak memadai , dan kurangnya dukungan orang tua dan Masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Adhi, C. (2015). Pengaruh Intellectual Capital Dan Inovasi Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Di Indonesia (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Agustin, I., & Wiratama, N. A. (2021). Implementasi gerakan literasi bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 254–260.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 94–102.
Arifonesa, P. (2020). TEACHER SUPPORT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM. Universitas Andalas.
Arum, R. P. (2020). PENERAPAN METODE BERMAIN SHOW AND TELL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK WASILA HAMID KARANG ANYARJATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. UIN Raden Intan Lampung.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227.
FATIMAH, S. N. U. R. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA LITERASI FISIK (PHYSICAL LITERACY) DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS 9 SMP NEGERI 1 DEPOK.
Fitriatun, E. (2022). Teknik Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Empiricism Journal, 3(2), 277–282. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1040
Jauhari, A. (2017). Pendidikan inklusi sebagai alternatif solusi mengatasi permasalahan sosial anak penyandang disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).
Kemendikbud, S. J. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Kühnel, M., & Kraus, T. (2016). The global CFRP market 2016.
Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–498.
Latifah, E., Antarlina, S. S., Sugiono, S., Handayati, W., & Mariyono, J. (2023). Grafting technology with locally selected eggplant rootstocks for improvement in tomato performance. Sustainability, 15(1), 855.
LIoyd, H. J. E., & Margrave, G. F. (2011). Comparison of low frequency seismic data to well logs–Hussar example. CREWES Research Report, 23(72).
Majid, P. M., & Harlinda, L. (2022). Penerapan Metode SMARTER Pada Penentuan Media Literasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(4), 2316–2326.
McCaffery, M., & Singleton, E. (2013). Why Are We Doing This Anyway? Physical Literacy, Monism, and Perceived Physical Competence for Ontario’s Elementary Students. Physical & Health Education Journal, 79(3).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahmawati, G., & Dahrial, H. (2023). Student Motivation in Learning Sports and Health Physical Education at SLBN 033 Tembilahan.
Rangkuti, A. N. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK, dan penelitian pengembangan. Citapustaka Media.
Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64.
Ratzlaff, N. S. A. A. (2023). Meningkatkan Pengembangan Belajar Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Inklusi Melalui Pembelajaran Pull Out Photo Box. Proceedings Series of Educational Studies.
Rofisian, N., Widya, U., & Klaten, D. (2018). Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Tema: Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Inklusi, 1, 19–25.
Rueping, M., Sundén, H., & Sugiono, E. (2012). Unifying Metal‐and Organocatalysis for Asymmetric Oxidative Iminium Activation: A Relay Catalytic System Enabling the Combined Allylic Oxidation of Alcohols and Prolinol Ether Catalyzed Iminium Reactions. Chemistry–A European Journal, 18(12), 3649–3653.
Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan gerak lokomotor sebagai upaya mengembangkan motorik kasar anak down syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236.
Utama, F. M., & Hartono, M. (2022). Survei Penerapan Metode Blended Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Kabupaten Purbalingga. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 159–165. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.53948
Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2).
Wulandari, S., Dasopang, A. P., Rawani, G. A., Hasfizetty, I., Sofian, M. Y., Dwijaya, R., & Rachmalija, S. (2022). Kebijakan Anti Kemiskinan Program Pemerintah dalam Penananggulangan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3209–
Refbacks
- There are currently no refbacks.